Scroll to Top

Pemalsu Foto Korban Sukhoi Superjet 100 Jadi Tersangka

By Ika / Published on Wednesday, 16 May 2012

Sukhoi Superjet 100

Tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 yang membuat keluarga korban merasa terpukul semakin diperparah dengan munculnyafoto korban Sukhoi palsu yang mendadak beredar di internet lewat Twitter. Dalam foto tersebut, tampak jenasah korban kecelakaan pesawat dalam kondisi mengenaskan.

Pihak berwajib pun akhirnya langsung memburu pelaku berinisial YS yang sebelumnya mencoba kabur dengan menonaktifkan akun Twitternya. Namun akhirnya YS memutuskan untuk menyerahkan diri pada Selasa (15/5) kemarin. Ia diduga merasa tertekan setelah mendapat kecaman dari masyarakat.

“Jadi mereka menyerahkan diri ke kita. Dia (YS) datang bersama keluarganya tadi pagi untuk menjalani pemeriksaan,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman Nasution. “Kelihatannya mereka merasa resah karena mendapat perlawanan publik yang sedemikian gencar dan ketakutan.”

Terkait penyebaran foto korban Sukhoi ini sendiri, YS akhirnya resmi dijadikan tersangka. Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Mochammad Taufik, YS telah melakukan kebohongan publik yang berakibat meresahkan masyarakat.

“Perlu saya jelaskan bahwa pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujarnya. “Perbuatan memanipulasi informasi, seolah gambar itu terjadi pada kasus peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi.”

Taufik lantas mengutarakan bahwa pihaknya belum mengetahui secara pasti apa motif YS melakukan perbuatan tersebut. Karena itu pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut masih harus dilakukan.

“Kalau motifnya masih didalami melalui proses pemeriksaan oleh tim penyidik. Berikutnya akan memperkuat dengan saksi-saksi yang lain, walaupun dari proses pemeriksaan, yang bersangkutan sudah mengaku perbuatan tersebut,” kata Taufik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda