Scroll to Top

Mata Bionic Bantu Atasi Penglihatan yang Kabur

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 16 May 2012

mata bionic

Perkembangan dunia kesehatan mata sudah mencapai tahap tekologi bionic. Peneliti dari Universitas Stanford di California, AS, berhasil menciptakan mata bionic yang bisa dicangkokkan sebagai pengganti fungsi retina mata.

Barangkali Anda masih ingat dengan film serial masa lalu The Six Million Dollar Man yang menceritakan lakon dengan tubuh yang penuh dengan benda bionic. Mata bionicnya bisa untuk melihat dengan jarak dekat. Namun, untuk mata bionic ini tidak memiliki fitur seperti itu. Mata ini sekadar untuk subsitusi fungsi mata yang telah rusak.

Cangkok retina ini bermanfaat untuk orang yang mengalami masalah degeneratif pada mata. Dalam penggunaannya, seseorang akan diberikan kacamata khusus yang memberikan pantulan cahaya infra merah ke arah mata. Pantulan itulah yang kemudian direspon mata dan otak untuk menerjemahkan benda yang ada di depannya.

Mata bionic ini merangsang kerja syaraf belakang mata. Pada ujicoba ke pasien tunanetra, mereka mampu mengenali bentuk dan cahaya dengan bantuan mata ini. Untuk sumber tenaga, dipakai baterai.

“Cangkok seperti ini menjanjikan pulihnya kondisi pasien yang kehilangan penglihatan karena penyakit degeneratif,” tulis peneliti yang diterbitakan dalam jurnal Nature Photonics,seperti dikutip BBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda