Scroll to Top

Menuai Manfaat Coklat untuk Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 16 Jul 2011

coklat-turfleHampir semua kalangan menyukai coklat. Bahan makanan yang terbuat dari biji kakao ini memang memiliki kelezatan yang khas. Disajikan sebagai minuman juga tak kalah asyiknya. Tahukah Anda bahwa coklat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Manfaat coklat dikaitkan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Zat fenol dan flavonoid di dalamnya, tiga kali lebih banyak dari teh hijau. Maka, coklat sangat tepat digunakan sebagai penangkap radikal bebas dalam tubuh.

Fenol berguna untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Efeknya, Anda memiliki resiko lebih kecil terkena beberapa jenis penyakit. Misalnya, serangan jantung, stroke, dan darah tinggi. Saat Anda makan coklat yang berkualitas tinggi, lemaknya bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

Vitamin yang terkandung dalam coklat meliputi vitamin A, B1, C,D, dan E. Nutrisi lain yang terdapoat di dalamnya yaitu zat besi, kalium, dan kalsium. Kandungan magnesium alaminya cukup tinggi. Magnesium ini berperan dalam mencegah hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit sendi, dan masalah datang bulan pada wanita.

Namun coklat juga sering dipersepsikan sebagai pencetus kerusakan gigi dan penyebab hipertensi. Benar hal itu, jika Anda mengkonsumsi coklat murahan. Artinya, komposisi coklat sangat sedikit dalam takarannya. Misalnya, ada coklat yang kandungan kakao-nya hanya 20 persen dan bahkan kurang dari itu. Kandungan gulanya justru diperbanyak. Tidak ayal, hal ini menjadi pemicu terjadinya diabetes dan kerusakan gigi.

Produk coklat yang berupa fondant (untuk mendekorasi kue) dan praline, sama bahayanya. Fondant memiliki kandungan 100 persen pemanis. Pilihlah produk coklat yang memiliki kandungan kakao lebih banyak dari komposisi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda