Scroll to Top

Athletic Bilbao 5 Pertandingan 0 Gol, Klub Liga Spanyol Paling Mubazir

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 16 May 2012

Athletic Bilbao 22

Jika ada klub Liga Spanyol paling mubazir, merekalah Athletic Bilbao. Dalam lima pertandingan terakhir, mereka mencetak 0 gol. Padahal, dalam lima laga tersebut, pasukan Basque selalu merajai ball possessions.

Barcelona tersingkir di semfiinal Liga Champions musim ini dengan cara paling menyakitkan. Memiliki penguasan bola hingga lebih dari 80% dalam dua laga melawan Chelsea, cuma dua gol yang bisa disarangkan. Sebaliknya, sang lawan yang lebih suka mengandalkan serangan balik, bisa mencuri 3 gol dengan persentase penguasaa bola sekitar 20% saja.

Namun, Barcelona belum layak disebut klub yang paling mubazir dalam penguasaan bola. Masih ada Athletic Bilbao yang dalam lima laga terakhir memiliki masalah misterius. Rata-rata penguasaan bola Fernando Llorente dkk. mencapai 62,2%.

Klub seperti Real Madrid saja, bisa diungguli dalam urusan ball possessions (51% banding 49%). Namun, mencetak gol adalah pekerjaan tersulit pasukan Marcelo Bielsa. Tidak ada sebiji gol pun yang dicetak. Bahkan, mereka harus dihajar dengan skor besar oleh klub yang seakan bisa didikte.

Tengoklah ketika Bilbao dihajar Real Zaragoza 2-0 di La Romareda. Markel Susaeta dkk. memiliki 64% penguasaan bola, namun tetap kalah.

Kala dihajar Atletico Madrid 3-0 di final Europa League, Iker Muniain cs. bisa merebut 60% ball possessions, lagi-lagi tetap mandul.

Terakhir, Levante menyantap mereka 3-0 di partai ke-38 Liga Spanyol. Ketika itu, pasukan Basque mempunyai 70% penguasaan bola.

Atletico Madrid

Berputar-putar di lini tengah dan lemah dalam penyelesaian akhir. Inilah masalah klub San Mames. Mereka hanya mampu mengonversi keunggulan mengendalikan laga tersebut, dengan 1 hingga 4 tembakan on target.

Sebuah kemalangan yang berimbas pada posisi di klasemen akhir. Selain menambah panjang penantian merengkuh gelar Eropa, kini Bilbao hanya berada di peringkat 10. Hal yang nyaris tidak realistis jika melihat semangat mereka yang begitu menggebu pada pertengahan musim.

Cukup unik, dalam pertandingan terakhir musim ini, final Copa del Rey, pada 26 Mei mendatang, Bilbao akan berhadapan dengan Barcelona. Keduanya adalah raja ball possessions di Liga Spanyol dan Eropa; dengan keunggulan ada di pihak El Barca. Kali ini, apakah dengan (kemungkinan) penguasaan bola yang lebih sedikit, Bilbao akan mengubah peruntungan mereka dengan meraih gelar juara?

Lima Pertandingan Terakhir Athletic Bilbao

  • 64% Real Zaragoza 2-0 (k)
  • 51% Real Madrid 0-3 (k)
  • 66% Getafe 0-0 (s)
  • 60% Atletico Madrid 3-0 (k)
  • 70% Levante 3-0 (k)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda