Scroll to Top

David Fernandez Borbalan Wasit Final Copa del Rey

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 17 May 2012

Fernandez Borbalan 2

David Fernandez Borbalan resmi ditunjuk oleh RFEF, Federasi Sepakbola Spanyol, sebagai wasit final Copa del Rey.

Pria kelahiran 30 Mei 1973 ini akan menjadi pengadil lapangan dalam laga ‘kelas berat’ antara Barcelona vs Athletic Bilbao. Barcelona tengah mengincar gelar keempat mereka musim ini, setelah terdepak di Liga Champions dan Liga Spanyol.

Sementara itu, Athletic Bilbao akan berusaha membalas dendam final Piala Raja 08-09. Ketika itu, pasukan San Mames dihajar 4-1 oleh Lionel Messi dkk.

David Fernandez Borbalan sendiri memulai debutnya di Primera Division Liga Spanyol. Ia menjadi hakim laga Levante vs Racing Santander yang dimenangi tuan rumah 3-1 pada 12 September 2004. Kala itu, Fernandez Borbalan menjadi wasit kedua asal Almeria yang bisa memimpin pertandingan di La Liga, setelah Juan Andujar Oliver.

Sejak Januari 2010, Fernandez Borbalan tercatat ‘naik jabatan’. Ia menjadi wasit internasional dalam laga persahabatan antara Finlandia dan Korea Selatan.

Satu yang tidak boleh dilupakan dari wasit ini, adalah saat ia memimpin El Clasico di leg kedua Piala Super Spanyol. Kepemimpinannya yang tegas, tak terbantu oleh tingkah Marcelo yang dengan brutal memakan kaki Cesc Fabregas.

Pertandingan itu sendiri berakhir dengan insiden colekan Jose Mourinho pada daerah sekitar mata Tito Vilanova, asisten pelatih Barcelona yang akan menjadi bos Lionel Messi dkk. sejak musim depan.

Sepanjang tahun ini, Fernandez Borbalan sudah mengeluarkan 3 kartu merah dan 64 kartu kuning dalam 10 pertandingan. Ketegasannya akan menjadi faktor penting dalam laga yang akan diselenggarakan di Vicente Calderon pada 26 Mei 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda