Scroll to Top

Tragedi Sukhoi Superjet 100 Akan Diungkap Dengan Penemuan Kotak Hitam

By Ika / Published on Thursday, 17 May 2012

kotak hitam Sukhoi

Tragedi kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 yang terjadi di Gunung Salak pada Rabu (9/5) memang masih menyimpan banyak tanda tanya. Belum diketahui pasti apa penyebab kecelakaan tersebut hingga menewaskan puluhan penumpangnya. Namun semua itu akan segera terungkap oleh kotak hitam atau black box yang akhirnya berhasil ditemukan pada hari Selasa (15/5) lalu.

“Sudah ketemu dan dikonfirmasi oleh Basarnas (Badan SAR Nasional) dan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi),” kata  Letkol Oni Junianto selalu Kepala Tim Evakuasi.

Benda yang paling diburu itu akhirnya ditemukan oleh tim evakuasi di lereng Gunung Salak di kedalaman sekitar 250 meter. Namun sayangnya, kotak hitam Sukhoi Superjet 100 tersebut rupanya sudah dalam kondisi hangus terbakar. Bahkan, tim yang menemukan black box tersebut awalnya tidak mengenali benda itu karena penutupnya sudah hilang. Kerusakan yang cukup parah pada kotak hitam dikhawatirkan bisa mempengaruhi isinya.

“Luarnya terbakar. Semoga bagian dalam masih bagus,” ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya Daryatmo.

Selanjutnya, kotak hitam yang menjadi kunci untuk mengetahui penyebab kecelakaan Sukhoi tersebut akan segera diperiksa. Namun pengecekan isi black box sendiri masih membutuhkan waktu yang lamanya masih belum bisa ditentukan. Pengecekan akan dilakukan di lab Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Nanti kotak hitam itu akan dikeluarkan dulu, baru di download pembicaraannya,” kata Herry Bakti selaku Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda