Scroll to Top

Al Nakbah International Tournament: Timnas Indonesia vs Mauritania 2-0

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 17 May 2012

Timnas Indonesia akhirnya mampu memetik poin penuh pada partai pertamanya dalam Turnamen Al-Nakbah setelah mengalahkan Mauritania dengan skor 2-0. Dengan hasil ini, membuat peluang Indonesia untuk maju ke partai semifinal terbuka lebar.

Menghadapi Mauritania di laga perdana, Indonesia tampil tertekan di awal babak pertama. Tercatat beberapa kali serangan Mauritania mampu mengancam lini pertahanan timnas Indonesia yang di komandoi oleh Wahyu Wiji Astanto.

Namun kondisi Indonesia yang bertahan, ternyata membawa dampak positif di menit ke 20. Berawal dari serangan balik cepat Titus Bonai, Hendra Adi Bayauw berhasil melesatkan bola ke sudut kanan gawang Mauritania. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Tertinggal 1 gol, Mauritania semakin meningkatkan tempo serangan. Namun keasikan menyerang, Mauritania malah kecolongan setelah Indonesia berhasil untuk yang kesekian kalinya memanfaatkan serangan balik cepat.

Hamdi Ramdhan yang melakukan terobosan dari sisi kanan pertahanan Mauritania, berhasil melepaskan umpan manis ke dalam kotak pinalti. Sayangnya bola yang coba dihalau oleh pemain Mauritania tersebut, malah masuk ke gawang sendiri. Skor 2-0 Indonesia memimpin.

Di menit ke 34 Mauritania mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas, setelah penjaga gawang Wahyu Tri Nugroho dianggap melakukan pelanggaran karena terlalu lama memegang bola.

Beruntung tendangan bebas yang dilakukan kali ini dapat dibendung pagar betis yang dibuat pemain Indonesia. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 2-0 untuk keunggulan sementara bagi Indonesia.

Babak kedua berjalan, Mauritania masih tampil lebih dominan. Sementara timnas Indonesia yang pada babak kedua ini di komandoi oleh Irfan Bachdim sebagai kapten kesebelasan, hanya mengandalkan serangan balik cepat.

Menit ke 67, penjaga gawang timnas Indonesia harus mendapatkan ujian berat ketika hukuman pinalti diberikan oleh wasit setelah terjadi pelanggaran terhadap pemain Mauritania di kotak terlarang.

Beruntung Wahyu Tri Nugroho berhasil menghalau tendangan pinalti tersebut dengan pergerakan yang tepat ke arah sisi kanan gawang.

Wahyu Tri Nugroho pantas didaulat sebagai pemain terbaik dalam pertandingan ini. Terbukti beberapa kali, penjaga gawang yang tidak terlalu berpostur jangkung tersebut mampu mementahkan peluang pemain Mauritania.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, kedudukan tetap 2-0 untuk keunggulan Indonesia. Dengan hasil ini, Mauritania dipastikan harus angkat koper lebih awal dari turnamen.

Sementara itu Indonesia harus melakoni partai terakhir menghadapi Kurdistan untuk menentukan juara grup, sekaligus memastikan tim yang akan maju ke partai semifinal selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda