Scroll to Top

Telaga Sarangan Madiun: Telaga Sejuk di Gunung Lawu

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 16 Jul 2011

telaga-saranganKabupaten Karanganyar memiliki pesona wisata di pegunungan yang cukup beragam Ada air terjun Grojogan Sewu, air terjun Watu Ondo, pendakian Gunung Lawu, dan sebagainya. Ada lagi yang sangat menarik, yaitu Telaga Sarangan yang memiliki kedalaman ratusan meter.

Telaga Sarangan berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Suhu sejuknya berada di sekitar 18-23 derajat celcius. Pemandangan hijau bisa Anda saksikan di sini, karena masih berada di daerah Gunung Lawu yang penuh dengan pepohonan. Airnya sangat tenang. Telaga ini juga menjadi pintu masuk ke air terjun Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan.

Anda bisa menyewa perahu boat dan sepeda air untuk menjejalahi telaga. Jika ingin menyusuri pinggiran telaga, Anda bisa menyewa kuda atau delman yang dijajakan penduduk sekitar. Buat yang doyan berolahraga, Anda bisa jogging sembari melepas kepenatan pikiran.

Lapar? Anda bisa mencicipi sate kelinci yang banyak ditemui di pinggiran telaga. Tektur daging kelincinya lembut dan rasanya memanjakan lidah. Harganya pun murah. Cukup keluarkan uang kurang dari 10 ribu rupiah, seporsi sate kelinci siap disantap. Atau, bisa juga Anda menyantap nasi pecel khas Madiun. Telaga Sarangan berada di perbatasan Kota Madiun dan Karangnyar. Jadi masakan khas madiun mampir juga di tempat wisata ini.

Penginapan di sekitar Telaga Sarangan juga banyak. Anda bisa memilih kelas melati atau hotel berbintang. Tergantung kondisi dompet Anda dan kenyamanan seperti apa yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda