Scroll to Top

Timnas Indonesia Akan Hadapi Kurdistan, Bukan Irak!

By Aditya / Published on Friday, 18 May 2012

Kurdistan FA

Setelah menang 2-0 atas Mauritania, Timnas Indonesia PSSI akan menjajal lawan berikutnya, yakni Kurdistan, untuk memperebutkan posisi teratas Grup B dalam ajang Al Nakhbah International Tournament di Palestina. Sejumlah media di Indonesia menyebut Kurdistan sebagai Irak, padahal bukan! Kurdistan bahkan belum terdaftar sebagai anggota FIFA selaku badan sepakbola tertinggi di dunia.

Kurdistan dan Irak memang masih saling terpaut. Kurdistan adalah tanah asal orang-orang Suku Kurdi, salah satu etnis di Irak, yang menjadi wilayah otonomi di Irak bagian utara. Meskipun demikian, Kurdistan mempunyai pemerintahan, bahasa, bendera, dan lambang negara sendiri yang berbeda dengan Irak. Ibukota Kurdistan terletak di Arbil, sedangkan Irak di Baghdad.

Di ranah sepakbola, Kurdistan dan Irak mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Irak bercokol di urutan ke-72 FIFA, sedangkan peringkat Kurdistan tidak tercatat karena belum terdaftar sebagai anggota resmi FIFA.

Kurdistan
Timnas Kurdistan, Tidak Sama dengan Irak

Soal prestasi pun demikian. Irak pernah tampil di putaran final Piala Dunia 1986 di Meksiko. Irak juga menjadi salah satu macan Asia yang pernah menyabet gelar juara Piala Asia tahun 2007, merebut medali emas Asian Games 1982 dan medali perak Asian Games 2006, dan menjuarai sejumlah turnamen bergengsi di Timur Tengah.

Sebaliknya, Kurdistan belum pernah mencicipi ajang besar, bahkan di level Asia sekalipun. Negara yang baru aktif bersepakbola pada 2006 ini hanya beberapa kali mengikuti turnamen semenjana semacam Viva World Cup (”Piala Dunia” yang diikuti oleh negara-negara non FIFA), dan turnamen-turnamen kecil lainnya, termasuk Al Nakhbah International Tournament yang juga bukan termasuk agenda FIFA.

Foto: nawroly-design & dev.akpn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda