Scroll to Top

Hasil Final Liga Champions Wanita: Olympique Lyon vs Frankfurt 2-0

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 May 2012

Olympique Lyon

Olympique Lyon sukses mempertahankan gelar Liga Champion wanita setelah menekuk FFC Frankfurt di Olympiastadion, Munchen.

Selang dua hari sebelum partai berdarah antara Bayern Muenchen vs Chelsea, ada sebuah final Liga Champions yang kurang diperhatikan dunia; yaitu final Liga Champions wanita. Padahal, final kali ini juga bertempat di Muenchen —lokasi yang sama untuk perhelatan final Liga Champions pria—. Venuenya pun di Olympiastadion, yang dahulu menjadi tempat bermukim Bayern Muenchen.

Dalam final yang ditonton oleh sekitar 50212 orang ini, Olympique Lyon sang juara bertahan, berhadapan dengan FFC Frankfurt yang berharap status sebagai tim Jerman akan membawa berkah tersendiri di stadion yang masih ada di wilayah mereka. Namun, faktanya Lyon yang mampu memboyong trofi.

Olympique Lyon 3

Pertandingan berjalan 15 menit, Lyon sudah mendapatkan hadiah tendangan penalti. Shirley Cruz Trana dijatuhkan oleh Melanie Behringer di kotak penalti Frankfurt.

Eugenie Le Sommer, top skorer kompetisi, sukses menjadi algojo . Tembakannya ke sisi kiri gawang Desiree Schumann tak bisa terbendung lagi. 1-0.

Schumann menjadi pahlawan Frankfurt agar sang juara bertahan tidak mencetak gol tambahan, setidaknya hingga menit 25.

Olympique Lyon 2

Ketika itu, Camille Abily seolah tidak mau kalah dengan Le Sommer untuk menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions wanita. Gol berawal dari niatan Schumann untuk menghalau bola umpan lambung yang mengarah pada Lotta Schelin. Schumann menggunakan kepalanya untuk membuang bola. Sayang, sapuannya tak bersih dan Camile Abily datang untuk menghukum sang kiper lewat tembakan volinya.

Upaya Lyon untuk mencetak gol tambahan, tidak kunjung berbuah. Unggul ball possessions dan beberapa tembakan dilepaskan ke arah gawang Schumann, tetap saja papan skor tak diganti hingga laga ditutup.

Skor akhir 2-0 dan Lyon sukses mempertahankan gelar terbaik di Eropa. Musim lalu, mereka juga sukses menaklukkan tim Jerman lain, Turbine Postdam.

Yang unik, selain Lyon, satu-satunya tim wanita klub elite Eropa yang prestasinya ‘sesuai’ dengan tim lelaki, adalah Arsenal. Klub ini sukses mencapai semifinal. Hanya, mereka dibekap oleh Frankfurt dengan agregat 1-4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda