Scroll to Top

FXI Cotton Candy Dan AllWinner, Komputer Android Seukuran Flashdisk

By Ditya / Published on Friday, 18 May 2012

AllWinner Mini PC

Beberapa waktu lalu sempat diberitakan kemunculan komputer mungil seukuran kartu kredit, Raspberry Pi yang ternyata cukup laris, disusul Intel dengan prototipe komputer mini-nya.

Kini China tidak mau kalah, beberapa toko retail di China dikabarkan mulai menjual komputer berbasis Linux dengan ukuran yang tak kalah mungil dengan Raspberry Pi, hanya seukuran USB Flashdisk.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, terdapat 2 merk komputer mini seukuran flashdisk yang beredar di pasar retail China yaitu AllWinner dan FXI Cotton Candy.

Komputer super mungil buatan AllWinner ini hanya sedikit lebih besar dari flashdisk dan dibungkus casing plastik ini ditawarkan seharga $74 saja atau sekitar 700 ribuan.

Spesifikasi komputer super mini AllWinnner ditenagai oleh prosesor ARM AllWinner A10 single-core dengan kecepatan 1,5GHz, grafis Mali 400 dan didukung memori RAM sebesar 512MB.

AllWinner menyediakan sebuah port HDMI yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan komputer mini ini ke TV. Komputer super mini ini juga mampu memutar video definisi tinggi 1080p tanpa masalah.

Perangkat ini juga disediakan port USB untuk perangkat input seperti mouse dan keyboard serta dilengkapi fitur WiFi. Komputer mini ini menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

FXI juga menawarkan komputer super mini bernama Cotton Candy yang bentuknya menyerupai USB flashdisk namun memiliki spesifikasi diatas AllWinner.

FXI Cotton Candy ditenagai oleh prosesor dual-core ARM Cortex A9 dengan kecepatan 1,2GHz, garfis Mali 400 dan didukung memori RAM sebesar 1GB.

Tak hanya Android 4 ICS, FXI Cotton Candy ini juga mampu menjalankan sistem operasi desktop berbasis Linux seperti Ubuntu. Pengguna bebas memilih OS Android atau Ubuntu Linux.

FXI Cotton Candy dilengkapi port USB untuk power dan port HDMI untuk menyambungkannya dengan televisi. FXI juga melengkapi Cotton Candy dengan fasilitas WiFi dan Bluetooth.

FXI Cotton Candy ini dijual dengan harga $199 atau sekitar 1,8 jutaan. Kedua komputer mungil ini diperkirakan akan menjadi pesaing Raspberry Pi yang dijual dengan harga $35 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda