Scroll to Top

Timnas Indonesia Tampil Tak Wajar, Ramadhan Pohan Bela Nil Maizar

By Aditya / Published on Friday, 18 May 2012

Timnas Indonesia

Meskipun menang atas Mauritania dengan skor 2-0, namun penampilan perdana Timnas Indonesia di ajang Al Nakhbah International Tournament, Kamis (17/5) malam tadi, dinilai tak wajar. Syamsul Arif dan kawan-kawan justru kerap mendapat serangan bertubi-tubi. Beruntung, tim lawan gagal menciptakan gol meskipun memiliki banyak peluang.

Penampilan yang kurang greget saat melawan Mauritania disebut oleh Manajer Timnas Indonesia, Ramadhan Pohan, sebagai bagian dari taktik yang diterapkan oleh pelatih Nil Maizar. Menurut politikus Partai Demokrat itu, Nil Maizar memang sengaja menerapkan taktik bertahan dengan serangan balik untuk mengecoh Mauritania.

”Formasi itu ternyata hanya tipuan Nil Maizar saja. Ia ternyata ingin mengelabui Mauritania. Pasalnya, jurus yang sesungguhnya adalah serangan balik,” dalih Ramadhan Pohan seperti dikutip dari Bolanews, Jumat (18/5).

Meskipun di atas kertas lebih unggul, Timnas Indonesia justru bermain seolah tanpa arah. Tidak banyak serangan yang berhasil dibangun oleh Irfan Bachdim dan kawan-kawan. Justru Mauritania yang tampil agresif dengan berkali-kali mengancam gawang Wahyu Tri Nugroho. Untungnya, kiper Persiba Bantul itu bermain apik sehingga tak kebobolan.

”Taktik serangan balik cepat inilah yang diulang-ulang. Coach Nil (Maizar) sendiri sebelumnya meminta semua pemain agar punya mindset, dan cepat menyerang, serta lekas dan sigap bertahan. Ini terbukti sukses, walaupun secara fisik jelas berat,” kata Ramadhan Pohan.

Pada laga berikutnya, Indonesia akan menghadapi Kurdistan (bukan Irak). Kali ini Nil Maizar harus benar-benar waspada karena tim yang belum terdaftar sebagai anggota FIFA itu mampu mengalahkan Mauritania dengan skor meyakinkan 3-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda