Scroll to Top

Prediksi Final Liga Champions Bayern Muenchen vs Chelsea

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 19 May 2012

Bayern Muenchen

Partai final Liga Champions antara Bayern Muenchen vs Chelsea akan digelar di Fusball Arena pada Minggu (20/5) pukul 01.45. Sebuah partai yang tidak hanya menentukan siapa yang terbaik di Eropa musim ini, tetapi juga balas dendam Muenchen atas tragedi final musim 98-99.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Bayern Muenchen memiliki keuntungan. Terlepas dari faktor tak bisa bermainnya sosok Luiz Gustavo, Holger Badstuber, dan David Alaba, Muenchen memiliki rekor apik di Allianz Arena yang namanya diubah khusus dalam pertandingan final kali ini.

Ya, sepanjang musim 11-12 ini, FC Holywood belum pernah seri apalagi kalah kala bermain di kandang. Total, sejak babak play-off, Arjen Robben dkk. mampu menyarangkan 21 gol hanya dalam 7 pertandingan kandang.

Chelsea

Chelsea, tak kalah sial daripada Bayern Muenchen dalam urusan kehilangan pemain. Mereka malah kehilangan dua gelandang dan dua bek andal yang selama ini menopang nyawa The Blues hingga sampai ke final.

Ya, Ramires sang gelandang yang seolah ‘tak memiliki pusar’, Raul Meireles yang mencetak gol kemenangan melawan Benfica di perempat final, Branislav Ivanovic yang kokoh di sisi kanan, plus John Terry yang mulai lambat namun masih memiliki wibawa di lapangan, tak bisa tampil.

Artinya, Roberto Di Matteo harus kembali memainkan Jose Bosingwa yang biasanya tak mampu bermain spartan dalam 90 menit di sisi kanan. Di lini tengah, Jon Obi Mikel bisa menjadi alternatif pengganti Raul Meireles.

Chelsea vs Muenchen
Chelsea vs Bayern Muenchen Pada Musim 04-05

Chelsea sendiri, memiliki rekor buruk ketika bermain di markas lawan di Liga Champions musim ini. Mereka cuma sekali memetik kemenangan, yaitu ketika menekuk tuan rumah Benfica dengan skor tipis 0-1. Selebihnya, dalam 5 pertandingan The Blues seri tiga kali dan 2 kali terhempas.

Namun, bukan berarti The Blues kali ini akan mengulang ‘kesalahan serupa’. Dalam laga tandang terakhir di kompetisi terbaik Eropa ini, Chelsea mampu menahan imbang Barcelona 2-2 dengan 10 pemain saja.

Partai final ini sendiri, akan mengingatkan Muenchen pada tragedi final Liga Champions musim 1998-99, ketika mereka berhadapan dengan tim Inggris lain, Manchester United. Ketika itu, unggul 1-0 hingga menit 90, FC Holywood disentak oleh dua gol United di masa injury time. Setan Merah akhirnya menjadi juara, dan Bayern Muenchen menjadi bulan-bulanan pers Jerman.

Kini, 13 tahun berlalu, dengan lawan yang sama-sama berasal dari tanah Inggris, Muenchen akan menentukan takdirnya. Membantu pelatih Jupp Heynckes meraih trofi pertama musim ini, atau membuat Roberto Di Matteo menyandingkan Piala FA dengan Liga Champions?

Pertemuan Sebelumnya

  • 12.04.2005 : Bayern Muenchen vs Chelsea 3-2
  • 06.04.2005 : Chelsea vs  Bayern Muenchen 4-2

Perkiraan Susunan Formasi

Bayern Muenchen (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 13-Rafinha, 44-Anatoliy Tymoshchuk, 17-Jérôme Boateng, 21-Philip Lahm; 39-Toni Kroos, 31-Bastian Schweinsteiger; 10-Arjen Robben, 7-Franck Ribery, 25-Thomas Mueller; 33-Mario Gomez

Chelsea (4-2-3-1): 1-Petr Cech; 17-Jose Bosingwa, 4-David Luiz, 24-Gary Cahill, 3-Ashley Cole; 12-Jon Obi Mikel, 8-Frank Lampard; 23-Daniel Sturridge, 10-Juan Mata, 21-Salomon Kalou; 11-Didier Drogba

Prediksi Sidomi: 51-49

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda