Scroll to Top

Tips Membuat Barbeque yang Lezat dan Sehat

By C Novita / Published on Saturday, 19 May 2012

barbeque

Hidangan barbeque, atau hidangan yang dipanggang memang memiliki cita rasa tersendiri dan sangat lezat. Namun ada kalanya, karena cara memasak yang salah membuat hidangan tersebut menjadi mentah di dalam dan hangus di luar.

Atau banyak juga yang khawatir mengkonsumsinya sebab zat karsinogen yang dihasilkan barbeque gosong.

Untuk membuat barbeque yang lezat dan sehat, berikut tips yang bisa dicoba:

1. Panggangan harus bersih.

Sisa-sisa memanggang yang banyak menempel di alat panggang harus terlebih dahulu dibersihkan. Gosong dan hitam itu lah yang bersifat karsinogen dan memicu kanker. Selain juga merusak cita rasa hidangan yang akan Anda panggang jika tak dibersihkan terlebih dahulu.

2. Jangan Berlemak. Jika anda hendak memanggang daging, maka usahakan untuk tak mengikut sertakan lemaknya. Mengapa? Sebab lemak yang terbakar akan menghasilkan asap heterocyclic amines (HCAs) yang kurang baik untuk kesehatan dan akan berpengaruh pada daging yang Anda masak.

3. Beri jeruk, atau bumbu alami. Memberi perasan jeruk lemon pada ikan, atau bumbu pada daging sebelum di buat barbeque akan mempengaruhi cita rasa.

4. Jangan gosong atau terlalu matang. Memanggang memang gampang-gampang susah. Jangan biarkan hidangan Anda menjadi kehitaman karena gosong sebab itu adalah zat berbahaya yang memicu kanker. Sering membalik, atau membungkus ikan dengan daun pisang bisa jadi pilihan. Gunakan api sedang atau kecil agar hidangan matang sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda