Scroll to Top

Facebook IPO: FB Resmi Terdaftar di Bursa Saham Nasdaq

By Ditya / Published on Saturday, 19 May 2012

Facebook Open

Saham Facebook kini telah resmi terdaftar di bursa saham Nasdaq dengan nilai $42, 05 per sahamnya, meningkat 10,5% dari harga kemarin (18/05/2012).

Kemarin harga IPO (Initial Public Offering) perusahaan jejaring sosial populer ini mencapai $38 per sahamnya. Revisi terakhir sebelum $38 ini adalah $34 per sahamnya. Hal ini menjadi IPO perusahaan teknologi terbesar dalam sejarah.

Menurut Bruce Aust, Executive Vice President Nasdaq, perdagangan saham pertama sebenarnya tertunda sekitar 30 menit dan hal tersebut mengakibatkan Nasdaq memiliki masalah dalam menetapkan harga pembukaan.

Facebook ditawarkan 180 juta saham pada penawaran awal sementara dan itu termasuk pemegang saham Peter Thiel dan Accel Partners yang menjual 200 juta saham lagi.

Ini adalah IPO terbesar sejak sejak Zynga yang sahamnya meningkat 10% pada perdagangan yang dibuka $11 dan memberikan nilai pada perusahaan senilai $7,7 miliar.

Sementara itu CEO Facebook, Mark Zuckerberg tidak pergi ke New York Times Square di acara besar perusahaan, dia melakukan hal seperti yang biasa hacker lakukan.

Mark Zuckerberg bersama wakil presiden produk Chris Cox, kepala kantor, Sheryl Sandberg dan direktur keuangan David Ebersman membunyikan bel pembukan Nasdaq jarak jauh dari kantor pusat Facebook di 1 Way Hacker, Menlo Park, California.

“Saya hanya ingin mengatakan beberapa hal dan kemudian kita akan membunyikan lonceng ini setelah itu kita kembali bekerja. Go Public adalah sebuah tonggak besar dalam sejarah perusahaan kami. Namun misi kami adalah tidak untuk menjadi perusahaan publik.”

“Misi kami adalah membangun komunitas terbesar di dunia dan membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Jadi pada hari istimewa ini, atas nama semua orang Facebook, saya ingin mengatakan kepada semua orang di luar sana yang menggunakan produk kami, terima kasih,” kata mark Zuckerberg saat memberi sambutan menjelang membunyikan bel Nasdaq.

Ini adalah puncak dari sebuah perjalanan Mark Zuckerberg yang berawal dari kamar asrama Harvard. Facebook adalah IPO yang paling di antisipasi dari 8 tahun terakhir ini stelah Google.

Seperti yang dikutip dari TechCrunch, Facebook merupakan IPO perusahaan teknologi terbesar dalam sejarah. Facebook dan pemegang saham awal telah meningkatkan nilai hingga $16 miliar hari ini, 10x lipat dari Google pada tahun 2004 lalu.

Mark Zuckerberg telah menandatangani sebuah pernyataan untuk ditampilkan di Times Square, yaitu motto perusahaan. Bunyinya, “untuk dunia yang lebih terbuka dan terhubung.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda