Scroll to Top

Google+ Tambah Fitur Quick Access Dan Pencarian Lingkaran Di Gmail

By Ditya / Published on Saturday, 19 May 2012

Circle Gmail

Setelah beberapa waktu lalu Google menintegrasikan real time notifikasi Google+ di Gmail, kini Google menambah 2 fitur baru di Gmail agar semakin terintegrasi dengan Google+.

Layanan jejaring sosial besutan Google, Google+ ini memang tidak sepopuler Facebook, bahkan sempat diberitakan sebagai kota mati. Hal ini tidak membuat Google berhenti berinovasi.

Raksasa mesin pencari ini berusaha membuat Gmail dan Google+ makin terintegrasi dengan 2 tambahan fitur baru.

Quick Access ke detail kontak

Google menambahkan fitur akses cepat ke detail kontak. Hal ini juka pengguna melakukan pencarian, maka hasil pencarian akan menampilkan detail kontak di samping foto profil orang tersebut dan email yang dikirim atau yang diterima dari orang tersebut.

Dari hasil pencarian tersebut, pengguna dapat langsung chatting dan melakukan panggilan tanpa meninggalkan halaman Gmail.

Seperti yang dikutip dari CNET, jika orang yang dimaksud memiliki profil di Google+ maka informasi ini akan terupdate secara otomatis.

Peningkatan integrasi lingkaran dan pencarian lingkaran

Selain menambahkan fitur akses cepat ke rincian kontak ke hasil pencarian, Google juga telah membuat beberapa perbaikan integrasi antara Gmail dengan Lingkaran Google+.

Bila pengguna memilih lingkaran, pengguna dapat melihat foto profil orang di dalam lingkaran  di bagian kanan atas ahalam. Tidak hanya itu, ketika pengguna mengklik pada gambar-gambar, maka pengguna lengsung diarahkan ke hasil pencarian degan rincian kontak.

Lingkaran juga didukung pencarian yang menggunakan filter. Misal mencari pesan dalam sebuah lingkaan dengan mengetikan nama lingkaran di kotak pencarian.

Pengguna dapat memperbaiki hasil pencarian dengan kriteria tertentu dan membuat filter berdasarkan lingkaran yang berarti pengguna dapat melihat email yang belum terbaca atau membintangi email tertentu dari lingkaran yang berbeda.

Sejak awal jejaring sosial Google+ diluncurkan, raksasa mesin pencari ini berniat untuk mengintegrasikan berbagai layanan ke dalam jejaring sosial, namun tidak semua orang senang dengan langkah yang dilakukan Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda