Scroll to Top

Game Komputer The Circus Challenge Bantu Terapi Penderita Stroke

By Ditya / Published on Saturday, 19 May 2012

Danny Mann

Kemajuan teknologi komputer dan robot berkembang pesat untuk membantu berbagai keperluan manusia. Setelah muncul robot lengan dan virus pembangkit listrik, kini giliran komputer game unjuk kebolehan.

Seperti yang dikutip dari BBC, para ilmuwan dari Universitas Newcastle telah merancang game komputer yang dirancang untuk membantu penderita stroke memulihkan diri.

Game tersebut berjudul The Circus Challenge yang dibuat oleh studio game komputer yang bertujuan untuk menciptakan permainan yang membantu pasien memulihkan fungsi motorik.

Game berbasis PC (Personal Computer) ini diharapkan menjadi solusi yang murah dibanding pengobatan lain dan pasien dapat terapi dengan memainkan game ini dirumah.

Proyek game ini mendapatkan hibah sebesar 1,5 juta poundsterling dari Health Innovation Challenge Fund yang merupakan hasil kerjasama antara departemen kesehatan Inggris dengan Wellcome Trust.

Danny Mann, 68 tahun dari Dudley, Northumberland mengatakan permainan ini lebih baik dari pada mengikuti terapi latihan yang selama ini ia jalani.

“Sesuatu yang berbeda mencorong saya untuk terus berjalan dengan terapi saya. Ini adalah pertama kalinya saya memainkan game komputer, bahkan aku tak memiliki komputer,” kata Danny Mann.

Janet Eyre, Profesor Pediatrik Neuriscience di Universitas Newcastle mengatakan bahwa permainan ini akan membantu memenihi kekurangan ahli terapi terlatih dimana penderita stroke harus melakukan terapi sebagai bagian dari proses rehabilitasi mereka.

“Dengan permainan game komputer ini, orang bisa asyik berkompetisi dan bertindak sebagai karakter sirkus yang membuat pasien lupa bahwa tujuan permainan ini adalah terapi,” kata Janet Eyre.

Sekitar 80% penderita stroke tidak sepenuhnya pulih kemabali 100 persen, namun diharapkan akan ada perbaikan angka ini dan pasien dapat melanjutkan terapi mereka dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda