Scroll to Top

Chelsea Juara: Klub Liga Inggris 12 Kali Merengkuh Trofi Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 20 May 2012

Final Liga Champions

Keberhasilan Chelsea menekuk Bayern Muenchen dalam drama adu penalti, membawa klub Liga Inggris meraih 12 gelar Liga Champions sepanjang sejarah.

Klub-klub Liga Inggris boleh dikatakan sedikit terlambat untuk memenangi Liga Champions (dahulu European Cup). Gelar pertama baru diraih pada musim 1967-68 ketika Manchester United menggulung Benfica 4-1 via babak perpanjangan waktu.

Pada titik tersebut, klub Liga Spanyol sudah mengantongi 6 kali gelar juara —-semuanya diraih Real Madrid— dan klub Liga Italia sudah menggapai trofi 3 kali —melalui duo klub Milan—.

Bahkan, liga tetangga, Liga Skotlandia, setahun sebelum Manchester United menekuk Benfica, sudah unggul terlebih dahulu. Ya, pada musim 1966-67, Glasgow Celtic menekuk Internazionale 2-1 di partai final yang digelar di Lisbon, Portugal.

Gelar kedua, cukup lama ditunggu. Setelah sembilan musim, barulah pada musim 1976-77 Liverpool mendapatkan trofi juara setelah membekap klub Jerman, Borussia Moenchengladbach 3-1.

Final Liga Champions 2
Gelar ke-12 Klub Liga Inggris di Liga Champions

Di titik ini, klub Liga Inggris mulai merajai Eropa. Tercatat, dalam delapan musim sejak 1976-77 hingga 1983-84, klub Liga Inggris bergantian merengkuh gelar juara sebanyak tujuh kali.

Penantian gelar kesembilan, kembali memakan waktu. Generasi emas Manchester United melakukannya pada musim 1998-99 dalam salah satu final paling dramatis dalam sejarah Liga Champions. Kala United membobol gawang Oliver Kahn 2 kali di injury time untuk memaksa Bayern Muenchen menyerah 2-1.

Abad XXI bergulir, sebelum Chelsea, klub Premier League dua kali mencium ‘Si Telinga Lebar’. Pertama, Liverpool pada musim 2004-05 dan kedua Manchester United pada musim 2007-08. Uniknya, dua klub tersebut, sama seperti Chelsea, menentukan gelar juara lewat drama adu penalti.

Kini, dengan 12 gelar juara Liga Champions, Liga Inggris sejajar dengan Liga Italia. Satu-satunya liga yang bisa mengungguli kedua liga ini adalah Liga Spanyol dengan 13 kali gelar juara; yang semuanya direbut oleh duo raksasa Spanyol, Real Madrid (9 kali), dan Barcelona (4 kali).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda