Scroll to Top

Dalam 3 Jam, Lemak Transit di Pinggang

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 20 May 2012

lemak pinggang

Tahukah Anda? Cadangan lemak yang ada di tubuh itu terjadi cukup cepat setelah seseorang makan. Hanya butuh tiga jam, lemak yang dibawa oleh makanan akan tersimpan di jaringan sekitar pinggang. Penelitian dari Oxford University ini seakan mengubah pandangan yang ada bahwa lemak akan menumpuk secara perlahan di pinggang, pinggul, dan kaki.

Lemak yang akan disimpan di pinggang sekitar 2-3 sendok makan usai makan dengan porsi normal. Prosesnya diawali  dari pemecahan lemak di usus pada satu jam pertama. Setelah itu, lemak diedarkan lewat aliran darah dengan bentuk tetesan kecil. Namun, tidak lama, tetesan lemak akhirnya ditangkap dan disimpan di jaringan sekitar pinggang.

“Sel-sel dalam jaringan adiposa di sekitar pinggang menangkap tetesan lemak darah membawa mereka dan menggabungkan mereka ke dalam sel untuk penyimpanan,” kata Fredrik Karpe, profesor di Oxford University.

Proses penangkapan lemak yang cukup cepat dialami saat seseorang makan malam. Pada waktu makan pagi, hanya sedikit lemak yang akan tersimpan. Menariknya, lemak yang disimpan ini akan cepat pula terurai menjadi tenaga melalui proses metabolism untuk member tenaga pada otot. Hanya saja, kalau porsi makan yang mengandung lemak berlebihan, akan menyebabkan penambahan berat badan karena akumulasi lemak di tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda