Scroll to Top

Intel Siapkan Ultrabook Murah Dengan Prosesor Celeron

By Ditya / Published on Monday, 21 May 2012

ultrabook

Intel dikabarkan tengah mengembangkan platform Ultrabook murah yang akan ditenagai oleh prosesor Intel dari klan prosesor paling bawah, Intel Celeron.

Langkah ini diambil intel dalam menanggapi kritik dari berbagai pihak yang menganggap prosesor Intel mahal serta harga Ultrabook yang berada di kisaran $699 atau sekitar 6 jutaan keatas dinilai masih terlalu mahal.

Ultrabook sendiri adalah platform notebook ultra tipis rancangan intel yang mengandalkan desainnya yang tipis namun memiliki kinerja dan daya tahan baterai yang bisa diandalkan.

Ultrabook murah yang disiapkan Intel ini juga merupakan langkah untuk mengantisipasi pesaingnya, AMD, yang telah memiliki rancangan notebook ultra tipisnya sendiri, Ultrathins.

Beberapa waktu lalu AMD meluncurkan APU (Accelerated Processing Unit) Trinity yang merupakan prosesor yang digunakan untuk Ultrathins, kini dijawab Intel dengan menyiapkan Ultrabook murah bertenaga Celeron.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, Intel menyiapkan 2 prosesor Celeron ULV (Ultra Low Voltage) yaitu Celeron 877 dan Celeron 807 yang keduanya menggunakan daya hanya 17 watt saja.

Celeron 807 merupakan prosesor berinti tunggal (single-core) dengan kecepatan 1,5GHz. Sedangkan Celeron 877 adalah prosesor berinti ganda (dual-core) dengan kecepatan 1,4GHz.

Selain meluncurkan 2 prosesor Celeron, Intel dikabarkan juga menurunkan harga jajaran prosesor Core i7  dan Core i5 Ivy Bridge agar lebih kompetitif dengan AMD Trinity.

Celeron ULV 807 dan Celeron 877 ini diperkirakan dibandrol dengan harga $70 dan $86, penggunaan kedua prosesor ini dapat menekan harga Ultrabook hingga dibawah $600 atau sekitar 5 jutaan.

Celeron ULV 807 dan Celeron 877 ini tidak berbasis pada Intel Ivy Bridge, namun menggunakan arsitektur yang lebih lama, Intel Sandy Bridge yang kurangi fitur-fiturnya untuk menekan biaya produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda