Scroll to Top

Twitter Diblok Oleh Pemerintah Pakistan

By Ditya / Published on Monday, 21 May 2012

Twitter

Akses layanan microblogging populer, Twitter, dikabarkan diblokir di Pakistan terkait munculnya berita mengenai kompetisi untuk memposting gambar Nabi Muhammad.

Bagi umat Islam, tindakan penggambaran Nabi Muhammad adalah sebuah bentuk penghujatan dan penghinaan, sehingga pemerintah Pakistan memutuskan untuk memblokir layanan microblogging populer tersebut.

Menurut BBC News, Kementrian Teknologi Informasi Pakistan memerintahkan pada penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) untuk memblokir akses ke layanan Twitter.

Kabarnya, kompetisi tersebut bukan berasal dari Twitter, namun dari host situs jejaring sosial Facebook dan Facebook dikabarkan mau bernegosiasi dengan pemerintah Pakistan.

“Kami telah bernegosiasi dengam mereka sampai larut malam, tetapi mereka tidak setuju untuk menghapusnya, jadi kami terpaksa memblokirnya,” kata Mohammad Yassin, Ketua Otoritas Telekomunikasi Pakistan.

Seperti yang dikutip dari The Verge, hal ini berbuntut keputusan pemerintah Pakistan untuk memblokir akses ke Twitter melalui ISP yang ada di negeri tersebut.

Pada bulan Januarai, Twitter mengatakan bahwa mereka memiliki sistem baru yang memungkinkan untuk melakukan sensor tweet berdasarkan negara untuk mematuhi hukum lokal.

Twitter dinilai hanya mengambil keuntungan dari fitur tersebut, namun pemerinah berikeras untuk menutup akses Facebook dan Twitter. Pakistan pernah melakukan blokir layanan jejaring sosial pada kasus yang sama pada tahun 2010.

Kabar terakhir dari Washington Post, Perdana menteri Pakistan akhirnya turun tangan untuk untuk menghentikan pemblokiran akses ke Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda