Scroll to Top

Facebook Dibalik Sukses Film Terakhir Harry Potter and Deathly Hallows Part 2

By Aisyah Indarsari / Published on Sunday, 17 Jul 2011

harry-potter-7Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 baru dibuka di Amerika Serikat hari jum’at kemarin (15/7). Namun berdasarkan laporan terbaru yang dikutip dari thedailybeast.com, pemasukan yang diperoleh pada hari Jum’at kemarin memecahkan rekor hingga 80 juta USD. Bahkan screening pada hari Kamis sebelumnya sendiri sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar 43, 5 juta USD. Dan pendapatan box office ini diramalkan masih bisa dicapai hingga 180 juta USD pada Sabtu malam.

Yang Anda perlu tahu, selain website resmi nya HarryPotter.com, pihak Warner Bros. juga menggunakan berbagai media sosial Facebook, Twitter dan YouTube untuk promo film ini.

Seperti yang dilaporkan dari mashable.com, Warner Bros. sudah lama membuat dan mempertahankan sebuah akun Facebook untuk mempromosikan seri film Harry Potter. Dan pada momen peluncuran film terakhir Harry Potter kali ini, pihak studio semakin gencar melakukan promonya di halaman akun dan fitur aplikasi Facebooknya.

Hampir sebanyak 29 juta pengguna Facebook memberikan “like” nya pada akun Facebook Harry Potter, dan dari angka tersebut, yang paling banyak peningkatannya adalah dalam beberapa minggu terakhir.  Bahkan menurut The Independent, aktifitas pemberian “like” di akun tersebut hampir mencapai 100.000 per hari. Hal ini dikarenakan pihak Warner Bros. sangat aktif meng’update ‘ akunnya dengan foto-foto terbaru, video cuplikan behind-the-scene, interview dengan pemain, link ke liputan-liputan media dan tentunya trailer film.

Lain halnya dengan akun Twitter @HarryPotterFilm miliknya. Akun ini hanya memiliki 343.000 pengikut (follower) walaupun beberapa promo yang sama juga dilakukan di akun ini, seperti berbagi link interview dan artikel media bahkan berbagi foto. Walaupun jumlah pengikut tidak sebanyak di Facebook, Harry Potter merupakan brand yang terkenal di Twitter, dengan berbagai nama karakter juga hal-hal yang berkaitan dengannya sering menjadi trending topic di media ini.

Sarana media sosial yang juga digunakan Warner Bros. sebagai sarana promo film terakhir Harry Potter ini adalah YouTube. Video trailer tentu saja yang paling banyak diakses para penggunanya. Disamping beberapa video lain seperti cuplikan behindthescene, interview dan beberapa video menarik lain.

Tidak dipungkiri, promo melalui media sosial ini memberikan kontribusi cukup besar bagi kesuksesan film yang dibuat berdasarkan novel dari J.K. Rowling ini. Dengan biaya seminimal mungkin – mengingat situs-situs media sosial tidak menarik biaya – jika hasil yang dicapai seluar biasa ini, benar-benar langkah marketing yang smart bukan?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda