Scroll to Top

Barcelona: Javier Mascherano Tampil 46 Kali Sebagai Bek Tengah

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 21 May 2012

Javier Mascherano

Musim ini Javier Mascherano benar-benar menikmati kehidupannya di Barcelona. Ia sudah bermain 51 kali, dan 46 di antaranya sebagai bek tengah, posisi baru yang uniknya kerap dijalankannya dengan baik.

Ketika Javier Mascherano didatangkan ke Camp Nou pada musim panas 2010 dengan banderol 19 juta Euro, banyak yang menyangka ia akan bersaing dengan Sergio Busquets sebagai gelandang bertahan. Namun, Pep Guardiola menemukan posisi baru bagi pemain Argentina: bek tengah.

Ketika Eric Abidal, Carles Puyol, hingga Gerard Pique harus bergantian di zona cedera, Pep meletakkan Mascherano sebagai pengganti ketiga bek ini. Sebuah perjudian yang terbukti cukup berhasil.

Kita mengetahui Josep Guardiola mengandalkan dua formasi, pertama 4-3-3 dan yang kedua, 3-4-3. Mascherano tak canggung beradaptasi sebagai pemain belakang dalam formasi ini.

Formasi 4-3-3 digunakan Pep dalam 42 pertandingan. Mascherano menempati posisi bek tengah kanan dalam 10 pertandingan, sementara 18 pertandingan lain ia bertukar posisi ke bek tengah kiri.

Sementara, hingga saat ini, formasi 3-4-3 dipakai Pep dalam 21 laga. Dengan tiga bek sejajar ini, Mascherano menempati posisi bek kiri 3 kali, bek kanan 4 kali, dan yang paling mantap, berada di tengah atau di posisi ‘sumbu’ 11 kali.

Javier Mascherano 2

Total, mantan pemain Liverpool bermain 51 kali untuk Barcelona atau setara dengan 4403 menit. Dari jumlah ini, hanya 5 pertandingan saja Mascherano benar-benar menempati posisi sesungguhnya, gelandang bertahan. Artinya, hampir 4000 menit dilewatkan Mascherano untuk tidak hanya merampas bola, menghentikan gelandang lawan, atau memutus aliran bola: tetapi sebagai poros pertahanan.

Keadaan spesial Javier Mascherano ini, menjadi acuan Barcelona menjelang final Copa del Rey akhir pekan ini. Saat ini, tidak ada pilihan lain bagi El Barca selain memboyong Piala Raja yang belum bermukim lagi ke lemari dalam tiga tahun terakhir.

Sementara, peluang bermain Carles Puyol dan Eric Abidal untuk tampil begitu tipis, dan Gerard Pique diprediksikan belum cukup mampu muncul 90 menit, pilihan jenderal lini belakang akan diberikan kepada pemain Argentina.

(SPORT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda