Scroll to Top

Makanan untuk Mata, Kulit, Kuku, dan Rambut Memesona

By Ilham Choirul / Published on Monday, 21 May 2012

mata indah

Mata, kulit, kuku, dan rambut adalah beberapa bagian tubuh yang sangat bernilai dalam memberikan kesan cantik. Perawatan khusus kerap dilakukan secara khusus untuk keempat bagian itu.  Namun, untuk memberikan tampilan yang sehat dan alami, perawatan dari dalam perlu dilakukan agar menjadi sempurna. Caranya, makanlah berbagai makanan alami untuk mendapatkan manfaat nutrisi di dalamnya.

Dikutip dari Times of India, makanan yang bermanfaat untuk empat bagian tubuh tersebut adalah:

  • Mata. Konsumsilah jenis sayuran yang berwarna hijau. Seperti bayam, brokoli, kecambah, dan sebagainya. Dalam sayuran hijau terdapat carotenoid  berupa lutein dan pigmen yang disebut zeazanthinan. Fungsinya sebagai antioksidan yang melindungi mata dari pengaruh radikal bebas dan meremajakan sel di mata. Untuk mengonsumsinya jangan dimasak terlalu mata. Selain itu, Ada bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan.
  • Kulit. Untuk kulit, Anda bisa makan yoghurt yang mengandung probiotik. Bakteri yang sifatnya menguntungkan ini akan membantu kulit menjadi sehat. Selain itu,konsumsilah ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti sarden dan makarel. Nutrisi ini bisa meredakan peradangan dan mempertahankan kelembaban kulit, serta menjaga elastisitasnya. Untuk buah, konsumsilah buah berry. Kandungan antioksidan fitonutrien di dalamnya dapat memperbaiki kondisi kulit dan meningkatkan kolagen.
  • Kuku. Untuk keindahan kuku, nutrisi yang bisa Anda konsumsi adalah asam fitrat untuk mengikat seng. Contoh makanannya adalah biji labu atau yang kaya vitamin C.
  • Rambut. Mahkota di kepala ini makin sehat dengan asam lemak omega-3, vitamin B12, dan zat besi. Anda bisa mendapatkan dari daging unggas, susu rendah lemak, telur, ikan salmon, biji rami, toram, gandum, dan beras merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda