Scroll to Top

SMS Bisa Usir Stres dan Kesepian

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 22 May 2012

menulis sms

Berkirim SMS dapat membuat orang melupakan rasa stres dan kesepiaannya. Sehingga, orang yang sering menggunakan fitur SMS untuk bekirim kabar kepada keluarga, teman, atau kekasih bisa memberikan kesehatan mental yang lebih baik. Demikian menurut studi dari University of California.

Saling berkirim SMS tidak ubahnya melakukan komunikasi dua arah. Pelibatan emosi dan empati dapat muncul dari situ. Sehingga, seeorang yang lagi sedih atau galau bisa termotivasi dari kalimat SMS yang dituliskan orang lain dari tempat yang jauh.

Dukungan dari orang lain inilah yang membuat penerima SMS menjadi bangkit kembali motivasi hidupnya saat merasa stres. Dia menjadi tidak kesepian sekalipun hanya terungkap suasana hangat obrolan melalui SMS.

Penelitian yang dilakukan Andriana Aguilera, PhD ini tepat sekali dipakai sebagai terapi mental. Di saat seseorang tidak memiliki akses internet dan komputer untuk video call, ponsel bisa menjadi cara jitu berkomunikasi positif dengan orang lain. Terutama, hal ini bermanfaat untuk mereka yang berpenghasilan rendah.

“Saya merasa jauh lebih baik karena saya seperti diperhatikan dan didukung. Mood saya membaik, ” kata seorang pasien yang mencoba terapi SMS ini, seperti dikutip Youbeauty.

Tapi, perlu diingat juga, terlalu sering berkirim SMS juga bisa mencederai otot jempol. Oleh karena itu, berkirim SMS juga perlu tahu diri. Jika otot jari tangan sudah mulai kaku, sebaiknya istirahatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda