Scroll to Top

Mark Zuckerberg Kehilangan USD 2 Miliar akibat Saham Facebook Merosot

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 22 May 2012

Facebook IPO Mark Zuckerberg

Keputusan Mark Zuckerberg khususnya dan Facebook umumnya dalam melantai bursa ternyata tak berlangsung mulus. Di hari kedua penutupan saham, Mark Zuckerberg harus rela kehilangan USD 2 miliar atau sekitar Rp 20 triliun akibat saham Facebook yang jeblok sebesar 11%.

Daily Mail menuliskan dengan nada sindiran yang sangat mengena. Media online kenamaan Inggris mencoba mengaitkan melorotnya saham Facebook di bursa dengan kisah pernikahan Mark Zuckerberg pada Sabtu silam.

“Baru menikah 48 jam, Mark Zuckerberg harus kehilangan miliaran dolar,” tulis tajuk utama Daily Mail.

Facebook membuka penawaran umum saham perdana (IPO) dengan harga USD 38 per lembarnya. Namun pada penutupan Senin (21/05/12) kemarin waktu setempat, saham Facebook merosot sekitar 11% menjadi USD 34 per lembarnya.

Dengan jebloknya harga saham per lembarnya ini, Mark Zuckerberg kehilangan sekitar USD 2 miliar dihitung dari kepemilikan sahamnya di Facebook (24%).

 “Kala itu (Jumat) saham Facebook masih bernilai. Mereka mampu meraih miliaran dolar dengan IPO dengan USD 38 per lembarnya. Kini (Senin) saham mereka turun drastis. Anda mungkin harus membatalkan Lamborghini yang telah dipesan,” terang Martin Pyykkonen, Analis Wedge Partners di Greenwood Village, Colorado, pada Washington Post.

Saham Facebook pada penutupan sebelumnya juga anjlok sebesar 13,7% di angka USD 33 per lembarnya. Saat itu Mark Zuckerberg ditaksir telah kehilangan USD 17,1 miliar.

Meski pundi-pundi keuangan Mark Zuckerberg telah berkurang, namun ia saat ini tengah menikmati masa-masa bahagia. Sebab Sabtu (19/05/12) bos Facebook ini telah resmi meminang Priscilla Chan pujaan hatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda