Scroll to Top

Musim 2011/2012: Lionel Messi 23 Assist, Cristiano Ronaldo 15

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 22 May 2012

lionel-messi-cristiano-ronaldo

Musim 2011/2012 tidak hanya ditandai dengan jumlah gol Lionel Messi yang mencapai angka 72. Tetapi juga ditandai dengan jumlah assistnya yang mencapai 23. Messi unggul jauh dari Cristiano Ronaldo yang ‘hanya’ mencetak 15 assist.

Perdebatan siapa yang lebih baik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih akan terus mengalir sepanjang tahun-tahun ke depan. Dua pemain dengan gaya berbeda, senantiasa terpompa untuk lebih baik kala melihat prestasi yang lain.

Musim ini bisa menjadi patokan. Lionel Messi mampu mencetak 72 gol, atau melesat 19 gol lebih banyak daripada musim lalu. Sementara itu, Cristiano Ronaldo membukukan 60 gol –7 gol lebih banyak daripada musim lalu—.

ronaldo-messi

Di luar aspek kesuburan mereka yang tak tertandingi, masih ada hal lain. Seberapa besar pengaruh mereka pada gol rekan satu tim. Untuk urusan ini, Lionel Messi kembali, lebih baik. Ia menghasilkan 23 assist dalam 59 penampilannya bersama Barcelona. Jumlah assist ini menjadi yang terbanyak di antara para pemain Barcelona. Di bawah Messi ada Dani Alves (16 assist), Cesc Fabregas (11 gol), dan Andres Iniesta (10 gol).

Sementara itu, di Real Madrid, sepanjang musim Cristiano Ronaldo menciptakan 15 assist. Ronaldo sendiri menjadi orang ketiga di Los Blancos urusan menciptakan assist. CR7 masih kalah dengan Mesut Ozil yang membukukan 20 assist. Selanjutnya, ada Angel Di Maria yang menciptakan 16 assist.

Urusan pengaruh lewat gol dan assist, Lionel Messi kembali unggul daripada Cristiano Ronaldo. Kehadiran Messi menyebabkan 95 gol Barcelona musim ini. Sementara, CR7 membantu Real Madrid menciptakan 75 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda