Scroll to Top

Via Perkenalkan Komputer Android Mini Seharga 500 Ribuan

By Ditya / Published on Tuesday, 22 May 2012

Via APC

Baru-baru ini komputer berukuran super mini semakin banyak bermunculan, hal ini diawali dengan munculnya Raspberry Pi dan disusul dengan FXI Cotton Candy kini Via tidak mau kalah dengan memperkenalkan komputer mini.

Via memperkenalkan sebuah komputer berukuran super mini yang menggunakan sistem operasi Google Android 2.3. Via menyebut komputer mini ini sebagai APC (Android Personal Computer).

Berbeda dengan FXI Cotton Candy yang berukuran menyerupai USB flashdisk, Via APC ini berukuran sedikit lebih besar yang cocok dipasangkan dengan casing mini-ITX.

Via APC ini memiliki spesifikasi yang tidak terlalu wah, namun hal ini wajar mengingat Via berusaha untuk mengurangi biaya produksi untuk menghasilkan produk yang murah.

Seperti yang dikutip dari VR-Zone, Via APC ini ditenagai oleh ARM 11 SOC (System On Chip) yang dibuat oleh Wondermedia dengan kode WM8750 yang memiliki kecepatan hingga 800MHz single core.

Via APC ini juga didukung oleh memori RAM sebesar 512 MB DDR3 dan flash memori untuk sistem operasi sebesar 2GB.

Komputer mini besutan Via ini juga dilengkapi port HDMI, port USB 2.0, sepasang jack audio, slot karu microSD, konektor Dsub dan sebuah konektor daya 12V.

Salah satu kelemahan APC besutan Via ini adalah tidak mendukung resolusi diatas 1280 x 720 pixel (720p), hal ini akan sedikit mengecewakan ketika pengguna memutar video HD 1080p.

Komputer Android murah ini diklaim mengkonsumsi listrik paling tinggi 13,5W dan ketika komputer tidak digunakan, maka ia hanya memakan daya sekitar 4W saja, cukup hemat bukan?

komputer super mini besutan Via ini akan dibandrol dengan harga kurang lebih $49 saja atau sekitar 500 ribuan lengkap dengan power adapter dan sistem operasi Android yang telah terinstall.

Bagi Anda yang penasaran dengan komputer mini super murah ini, simak video berikut.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=EAGxRqJZHE8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda