Arti Alay Menurut Wikipedia

Kabar gembira bagi penggemar budaya Alay. Kini eksistensi Alay di muka bumi telah diakui dunia. Secara resmi Wikipedia Indonesia dan Inggris mencantumkan definisi kata Alay. Lantas, apa arti Alay menurut Wikipedia.

Baik Wikipedia Indonesia dan Inggris senada dalam mendifinisikan istilah Alay. Menurut ensiklopedia daring ini, Alay adalah sebuah fenomena perilaku di kalangan remaja Indonesia. Istilah ini menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Setujukah Anda dengan pengertian ini?

“Alay merupakan singkatan dari anak layangan atau anak lebay. Merujuk pada gaya hidup berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian,” tulis Wikipedia dalam mendefinisi Alay.

Ternyata fenomena Alay tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Di Filipina hal serupa pernah terjadi dan disebut dengan Jejemon.

Untuk definisi Alay, Wikipedia Inggris lebih komprehensif dalam mengupasnya. Di laman definisi tersebut, budaya Alay bahkan ditampilkan dalam beberapa contoh: tulisan dan gaya (foto).

Menurut Karel Anderson, salah satu blogger tanah air, style Alay dibagi dalam beberapa tingkatan. Dalam beberapa foto yang diunggah di Wikipedia (Inggris), Karel Anderson berpose Alay dalam tiga level: level 1, level 3, dan level 10.

Ciri khas dalam budaya Alay sering kita temui dalam gaya bahasa dan tata tulis. Mereka yang ber-genre Alay menggabungkan huruf, angka, dan simbol atau menyingkat kata secara berlebihan. Pun juga dalam gaya bahasa. Kaum Alay sering berbicara dengan gaya over.

Apakah Anda salah satu remaja yang pernah mengalami masa-masa Alay? Tulis pengalaman tersebut di kotak komentar.

Komentar Anda

Leave A Response