Scroll to Top

Susu Kefir Kaya Manfaat, Mirip Yogurt

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 17 Jul 2011

susu-kefirSelain yogurt, ada pula jenis susu fermentasi yang terbuat dari biji kefir. Bentuknya butiran kecil yang bisa membesar ketika dicampur dengan susu. Ukurannya antara 1-15 milimeter. Warna awalnya putih kekuningan. Namun, akan berubah menjadi lebih coklat saat dicampurkan.

Sifat probiotik dalam susu fermentasi kefir, dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam pencernaan. Selain itu dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko  kanker atau tumor, terutama kanker di saluran pencernaan. Pada susu fermentasi kefir, kandungan laktosa sudah dipecah sehingga penderita lactose intolerance bisa pula menikmati khasiatnya.

Rahasia manfaat kefir terletak pada bibit kefir yang mengandung mikroorganisme, bakteri, dan ragi. Dalam biji kefir terdapat bakteri Streptococci, Lactobacilli/Streptococcus sp, dan Lactobacilli, yang merupakan bakteri baik. Bahkan, hasil penyaringan bibit kefir yang telah dipakai, bisa digunakan kembali mencucinya dahulu dengan air matang.

Kefir memiliki rasa yang unik, campuran dari rasa asam dan soda. Lapisan atasnya  memiliki buih. Susu kefir bisa dicampur dengan perasa buah untuk mendapatkan variasi rasa. Penyimpanan susu fermentasi kefir sebaiknya diletakkan pada freezer lemari es, dengan daya tahan 1-3 hari.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda