Scroll to Top

Axis, Browser Buatan Yahoo!

By Ditya / Published on Thursday, 24 May 2012

Axis Ipad

Yahoo akhirnya meluncurkan perangkat lunak peramban web atau browser buatan sendiri untuk memperbaiki posisinya di pasar mesin pencari.

Perusahaan yang terkenal dengan layanan email gratis dan mesin pencari tersebut memutuskan untuk masuk ke bisnis browser dengan memperkenalkan Axis browser untuk platform Apple iOS (iPad dan iPhone).

Bagaimana dengan pengguna PC desktop? Yahoo menyediakan sebuah plug-in atau pengaya untuk browser desktop seperti Chrome, Firefox dan Internet Explorer.

Tujuan awal dari perancangan desain browser Axis ini adalah memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian web.

Menggunakan browser Axis, memungkinkan pengguna langsung pergi ke halaman yang dimaksud setelah memasukan query tanpa harus melihat terlebih dahulu hasil pencariannya.

Munculnya browser Axis ini dinilai sebagai langkah agresif Yahoo untuk meningkatkan pangsa pasar mesin pencari dengan menawarkan berbagai kemudahan untuk pengguna.

Saat ini pendapatan Yahoo dari mesin pencari lebih dari 1 miliar dollar setahun, maka dari itu Axis browser merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan pendapatan iklan dari mesin pencari.

Banyak browser alternatif yang dinilai gagal oleh pengamat teknologi, sebut saja Flock, Rockmelt dan Pogo AT&T, hal ini tidak menyurutkan niat Yahoo untuk bersaing di pasar browser.

Yahoo memiliki alasan bahwa ada 700 juta orang menggunakan Yahoo dan sebagian besar dari mereka telah memasang plug in atau pengaya Yahoo Toolbar, setidaknya itu yang ditargetkan oleh Axis Browser.

Di segmen desktop, Axis browser memang tidak berdiri sendiri sebagai browser namun berbentuk plug in yang dapat diinstal di browser yang telah ada.

Yahoo tampaknya lebih berkonsetntrasi dengan pasar mobile dengan meluncurkan browser Axis yang berdiri sendiri di platform Apple iOS.

Browser Axis di platform iPad diklaim sebagai browser yang hebat dengan fitur pencarian terintegrasi dan antarmuka yang intuitif. Axis dikabarkan menggunakan mesin render yang sama dengan browser Safari bawaan iPad yaitu WebKit.

Seperti yang dikutip dari CNET, Yahoo juga mengatakan bahwa pihaknya juga mengembangkan browser Axis untuk platform Google Android yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda