Scroll to Top

Puasa Rajab 2012, Adakah?

By Ria Tanisa / Published on Thursday, 24 May 2012

Bulan

Saat ini kita telah memasuki bulan Rajab. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan Muharram atau yang artinya dimuliakan. Ada 4 bulan yang dimuliakan yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Banyak yang bertanya, adakah sebenarnya puasa Rajab itu?

Jika pertanyaan itu berkaitan dengan puasa khusus di bulan Rajab, maka para ulama akan merasa sulit untuk menemukan dalil khusus tentang anjuran puasa di bulan rajab, atau dalam artian tidak ada penjelasan khusus mengenai ritual puasa di bulan Rajab. Kalaupun ada haditsnya, para ulama mengatakan bahwa hadits itu kebanyakan lemah, bahkan ada juga yang menyebutnya palsu sehingga tidak layak dijadikan dasar dalam melaksanakan puasa Rajab.

Beberapa hadist tersebut antara lain:

  • Dari Anas Bin Malik: “Sesungguhnya dalam surga ada sungai yang bernama ‘Rajab’, airnya lebih putih dari susu, dan lebih manis dari madu, barang siapa yang bepuasa pada salah satu hari bulan Rajab, Allah akan meminumkan untuknya dari air sungai rajab itu”
  • Barang siapa yang berpuasa pada bulan Rajab selama 3 hari, ia bagaikan berpuasa selama sebulan dan barang siapa yang berpuasa 7 hari, ditutup baginya pintu neraka, dan siapa yang berpuasa 8 hari, dibukakan untuknya 8 pintu surga, siapa yang berpuasa setengah bulan Rajab, Allah menuliskan untuknya RidhoNya, dan siapa yang mendapat Ridho Allah, ia tidak akan disiksa dan siapa yang berpuasa sebulan Rajab penuh, ia akan dihisab dengan hisab yang ringan”

Hadits-hadits tersebut dianggap lemah, sehingga para ulama menyimpulkan bahwa tidak ada dalil khusus tentang puasa Rajab. Namun jika ada yang mau melakukan puasa pada bulan Rajab ini, maka puasa yang dilakukan itu namanya bukan puasa Rajab, melainkan puasa di bulan Harom, karena Rajab termasuk dalam bulan harom.

Maka, bagi yang ingin berpuasa pada bulan Rajab ini, sebaiknya tidak hanya berpuasa pada bulan Rajab saja, melainkan juga pada bulan-bulan harom lainnya (Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharrom). Pengkhususan puasa hanya pada bulan Rajab ini saja dimakruhkan oleh para ulama.

Wallahu A’lam

 

Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda