Scroll to Top

Bangun Pagi Bikin Badan Sehat dan Lebih Bahagia

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 24 May 2012

bangun pagi

Yuk bangun pagi! Kalau mau rutin melakukannya, Anda akan merasakan hari yang membahagiakan dan tubuh lebih sehat. Sebuah studi terbaru dari University Roehampton menyimpulkan, orang yang bangun pagi lebih optimis untuk menyelesaikan pekerjaannya dan lebih berkembang di tempat kerja.

Tidak bisa dipungkiri ada dua jenis tipe pekerjaan saat ini. Ada yang beraktivitas di pagi hari, dan sisanya menjadi “manusia malam”.  Ada pula yang memiliki kerja shift, kadang pagi, siang, atau malam. Namun, di antara tipe tersebut, orang yang melakukan aktivitasnya di pagi hari dan memiliki istirahat cukup di waktu malam, menunjukkan kebaikan dari sisi kesehatan fisik dan mental.

Studi itu juga menunjukkan, orang-orang yang pekerjaannya dilakukan pada malam hari cenderung lebih mudah terserang stres. Selain itu, kebiasaan begadang membuat berat badan ikut terdongkrak dan akhirnya menjadi lebih gemuk. Saat malam hari, lemak lebih mudah bersarang di pinggang. Biasanya, pekerjaan yang dimulai malam hari juga tidak lepas dari selingan makan atau sekadar ngemil. Dan, stres bisa memicu nafsu makan lebih banyak.

“Ada orang pagi dan orang malam. Dan, orang-orang pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia serta memiliki indeks massa tubuh lebih rendah,” kata  Dr Joerg Huber  pada konferensi British Psychological Society, seperti dikutip Telegraph.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda