Scroll to Top

Jerman Akan Juara Euro 2012?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 24 May 2012

Jerman 2012

Sebuah siklus unik tengah dikejar Jerman di Euro 2012. Biasanya, setelah menjadi runner-up di sebuah Euro, Jerman selalu berhasil menjadi yang terbaik di Eropa pada Euro berikutnya.

Di Euro 2012, Jerman yang didominasi para pemain muda, akan berada di grup neraka. Mereka akan bertanding dengan Portugal yang memiliki seorang Cristiano Ronaldo, Belanda, dan kuda hitam Denmark . Sulit untuk memprediksi siapa yang akan keluar dari lubang jarum. Meski tiga negara begitu superior, bukan tidak mungkin Denmark yang lolos, mengulang sejarah Euro 1992 ketika mereka juara.

Satu hal yang menarik, adalah siklus unik Jerman di Euro.

Pada Euro 1976, mereka (saat itu Jerman Barat) cuma mampu duduk sebagai runner-up. Ketika itu tim panser takluk dari Cekoslowakia lewat drama adu penalti. Setelah bermain imbang 2-2 dalam waktu normal, Uli Hoenes gagal menjadi algojo penalti dan Cekoslowakia menggenggam keunggulan 5-3.

Jerman 1996
Jerman di Euro 1996

Selang empat tahun, pencapaian Jerman Barat lebih baik. Mereka berhasil menjuarai Euro 1980 dengan menekuk Belgia 2-1 lewat dua gol Horst Hrubesch.

Setelah dua Euro (1984 dan 1988) Jerman gagal bergerak, pada Euro 1992, Die Nationalelf sial di partai terakhir. Di Swedia, tim panser yang lebih diunggulkan, kalah dari Denmark dengan skor 2-0. Barisan penyerang Jerman yang dikomandoi Juergen Klinsmann, gagal berkutik di hadapan penjaga gawang tangguh Petr Schmeichel.

Empat tahun kemudian, Jerman langsung membayar tragedi pahit tersebut. Bermain di Euro 1996 yang digelar di Inggris, tim panser sukses menjadi juara setelah menaklukkan kuda hitam Republik Cek dengan skor 2-1.

Kebetulan, pada Euro 2008 lalu, Jerman juga menelan pil pahit di partai puncak. Menghadapi Spanyol, anak asuh Joachim Loew tunduk oleh aksi Fernando Torres di menit 33.

Jerman 2008

Kini, Euro 2012 ada di depan mata. Apakah proses yang serupa dalam dua kesempatan sebelumnya, terulang? Ya, Jerman yang terluka oleh Spanyol empat tahun lalu, bukan tidak mungkin akan melanjutkan siklus unik ini.

Siklus Jerman di Euro (Kekalahan di Final, Selalu Dibalas dengan Juara Euro berikutnya)

  • Euro 1976: Final
  • Euro 1980: Juara
  • Euro 1992: Final
  • Euro 1996: Juara
  • Euro 2008: Final
  • Euro 2012: Juara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda