Scroll to Top

Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia Wanita 2011: Swedia Menang 2-1 atas Prancis

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 17 Jul 2011

Swedia akhirnya menggenapkan kejutan mereka di Piala Dunia 2011. Setelah sempat menjungkalkan Amerika Serikat di penyisihan grup, mereka berhasil menjadi peringkat ketiga dunia setelah menang di menit-menit terakhir atas Prancis.

Turun dengan formasi 4-4-2, Swedia yang mengandalkan Lisa Dahlkvist dan Lotta Schelin sebenarnya tidak banyak menghasilkan peluang. Dalam statistik pertandingan, terlihat bagaiman Prancis lebih banyak mengumbar tembakan.

Prancis tercatat melepas 19 tembakan dengan 8 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, Swedia cuma melepas 10 tendangan dengan 4 di antaranya mengancam gawang. Dari ball possession pun, Prancis lebih dominan dengan 56% menguasai lapangan.

Hal ini tidak lepas dari keunggulan cepat Swedia. Dalam setengah jam pertama, Swedia sukses berkat gol sang striker utama, Lotta Schelin. Keunggulan ini bertahan hingga turun minum.

Prancis yang tak ingin kehilangan gelar juara tiga, setelah dihempaskan Amerika Serikat di babak semifinal, terus meningkatkan serangan. Upaya ini berbuah ketika striker pengganti, Elodie Thomis berhasil menjebol gawang Hedvig Lindhal di menit 56.

Keadaan memburuk bagi Swedia setelah Josefine Öqvist diberi kartu merah pada menit 68. Padahal, sebelumnya Swedia sudah mengubah formasi menjadi lebih agresif setelah menambah striker Marie Hammarström pada menit 62.

Beruntunglah. Ketika gol tampaknya pelit lahir, petaka untuk Prancis terjadi pada menit 82. Marie Hammarström membuktikan bahwa pelatih Sara Larsson tidak sia-sia menurunkannya. Ia menjebol gawang Celine Deville sekaligus mengakhiri perlawanan Prancis.

Bagi Swedia, merebut peringkat ketiga berarti mengulang prestasi pada 1991. Namun, secara keseluruhan, prestasi ini memang tidak sebaik Piala Dunia 2003 kala menembus final. Sementara itu, bagi Prancis, berada di peringkat empat pun sudah merupakan sejarah. Inilah pencapaian terbaik Prancis sepanjang Piala Dunia wanita yang sudah diadakan 6 kali dengan tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda