Scroll to Top

Skype Dimanfaatkan FBI untuk Memata-matai Percakapan dan Komunikasi Internet

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 24 May 2012

FBI Skype

Biro Investigasi Federal Amerika Serikat atau FBI akhirnya memutuskan untuk menggunakan sebuah piranti keras khusus dalam mematai-matai percakapan dan komunikasi di internet termasuk aplikasi Skype.

Kini komunikasi nirkabel di internet tak lagi ‘aman dan nyaman’. FBI telah memiliki otoritas dalam melakukan aksi penyadapan di segala aktivitas percakapan dan komunikasi daring.

Dengan menggunakan sebuah piranti keras khusus, FBI dimungkinkan mampu masuk dalam sistem aplikasi canggih percakapan online. Sebut saja Skype misalnya.

Selama kurang dari empat tahun dan menelan alokasi biaya hingga USD 54 juta, FBI siap menurunkan unit dan departemen khusus dalam pengawasan sistem telekomunikasi dan komunikasi di internet.

The Domestic Communications Assistence Center (DCAC) adalah sebuah kolaborasi antara FBI, US Marshals Service, dan Dinas Pengawasan Obat, sebagai unit pengawasan tersebut.

Nantinya ketiga organisasi ini akan bahu-membahu dalam membangun sebuah piranti keras yang akan dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas penyadapan pembicaraan nirkabel dan internet sesuai perintah pengadilan.

“Alat ini dirancang untuk mengawasi segala macam aktivitas komunikasi untuk negara bagian dan bagi polisi federal lainnya,” tulis CNET.

Dana yang dialokasikan untuk pembuatan piranti keras ini juga tidak sedikit. Komite senat telah menyetujui anggaran hingga USD 54 juta pada bulan lalu.

Bukan kali ini saja FBI mencoba untuk memantau segala aktivitas komunikasi di internet. Pada bulan Januari silam, FBI mengembangkan sebuah aplikasi massal otomatis pemantau komputer dalam menganalisis kejahatan Facebook dari setiap komentar pengguna yang dipostingkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda