Scroll to Top

Final Copa del Rey: Prediksi Barcelona vs Athletic Bilbao

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 25 May 2012

Barcelona Copa del Rey

Final Copa del Rey 2012: Barcelona vs Athletic Bilbao. Dua klub penguasa Piala Raja bertemu pada Sabtu, 26 Mei 2012 pukul 03.00 WIB. Siapa yang akan menang?

Pertandingan puncak Copa del Rey musim ini adalah ‘ulangan’ final pertama Piala Raja yang digelar 110 tahun lalu. Ketika itu, Barcelona berhadapan dengan Bizcaya, kumpulan pemain Basque yang terdiri dari dua klub asal Bilbao, Athletic Club dan Bilbao FC. Dalam laga yang digelar pada 15 Mei 1902, Bizcaya berhasil menaklukkan Barcelona 2-1.

Kini, lebih dari seabad berlalu, kedua klub kembali bertemu. Barcelona adalah sang pemegang rekor peraih Copa del Rey terbanyak dengan 25 gelar, sedangkan Athletic ada di peringkat kedua dengan 23 trofi.

Bicara kualitas, Barcelona unggul segalanya dari Athletic. Lionel Messi sang juru selamat, masih memiliki misi untuk merampungkan koleksi golnya yang sempat terhenti di angka 72. Dengan keberuntungan yang nyaris senantiasa menyelimuti King Leo jika bermain di Vicente Calderon, Messi jelas akan menjadi ujian bagi Gorka Iraizoz, kiper Bilbao, sepanjang 90 menit.

Satu yang menjadi titik lemah Barcelona adalah lini belakang. Carles Puyol dan Eric Abidal tak cukup memiliki waktu untuk pulih dari cedera. Gerard Pique pun diragukan untuk bisa tampil konstan selama 90 menit. Bukan tidak mungkin Pep Guardiola akan memakai formasi bek dadakan yang dikomandoi Javier Mascherano.

Barcelona vs Athletic Bilbao

Sebaliknya, Athletic datang dengan skuad komplet. Satu-satunya permasalahan adalah kebiasaan mereka ‘berboros’ ball possessions dengan sedikit saja melepas tembakan. Lima pertandingan terakhir tanpa gol, gelandang-gelandang cemerlang Bilbao dituntut untuk lebih kreatif lagi menghasilkan umpan untuk sang target man yang atletis, Fernando Llorente.

Bicara kemungkinan memenangkan laga, Barcelona tetap di atas angin. Kado perpisahan manis siap digelar untuk Pep Guardiola yang sejauh ini sudah memboyong 13 gelar untuk pasukan Catalan. Namun, bukan berarti Bilbao tidak mampu memecahkan kebuntuan tak pernah menang dari Pep Guardiola dalam 13 pertandingan.

Kedua tim yang jelas akan saling jual beli serangan sepanjang laga. Ya, merekalah dua tim dengan ball possessions terbaik di kompetisi teratas Liga Spanyol; yang menolak sedikit pun untuk bermain defensif.

Perkiraan Susunan Pemain

Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Gorka Iraizoz; 15-Andoni Iraola, 24-Javi Martinez, 3-Fernando Amorebieta, 3-Jon Aurtenetxe; 21-Ander Herrera, 8-Ander Iturraspe; 14-Markel Susaeta, 9-Fernando Llorente, 19-Iker Muniain

Barcelona (4-3-3): 13-Jose Manuel Pinto; 35-Martin Montoya, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 21-Adriano; 6-Xavi Hernandez, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro Rodriguez

Lima Duel Terakhir

  • 26/09/2010    Athletic Bilbao vs Barcelona 1 – 3
  • 21/12/2010     Barcelona vs Athletic Bilbao 0 – 0
  • 05/01/2011    Athletic Bilbao vs Barcelona 1 – 1
  • 06/11/2011    Athletic Bilbao vs Barcelona 2 – 2
  • 31/12/2012    Barcelona vs Athletic Bilbao 2 – 0

Prediksi Sidomi: 52-48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda