Scroll to Top

Peterseli Membantu Menyembuhkan Kanker Payudara

By C Novita / Published on Friday, 25 May 2012

peterseli

Peterseli adalah tanaman hijau dengan daun keriting yang biasanya digunakan sebagai penghias masakan demi menggugah selera. Namun, peterseli ternyata memiliki khasiat lebih besar dari sekedar hiasan saja.

Zat apigenin yang terdapat dalam peterseli, dan juga seledri mampu menjadi obat herbal bagi berbagai penyakit, termasuk juga kanker payudara.

Penemuan ini hasil dari penelitian yang dilakukan tim dari Universtas Missouri.

Salman Hyder, salah seorang peneliti mengatakan bahwa zat apigenin dalam peterseli membantu proses penyembuhan penyakit yang terkait hormon progestin.

“Apigenin memperlambat perkembangan sel kanker payudara dengan cara; menginduksi kematian sel, menghambat proliferasi sel, dan dengan mengurangi reaksi gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker,” terang Salman seperti dilansir Huffington Post.

Penelitian tersebut juga mendeteksi bahwa pembuluh darah yang memberi nutrisi pada sel kankermenyempit saat apigenin diasup. Ini membuat sel kanker kesulitan untuk menyebar luas dan berkembang.

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasi dalam Jurnal Hormon dan Kanker.

Selain apigenin, peterseli pun memiliki kandungan kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin A, B12, dan C.

Namun untuk wanita hamil dan menyusui, mengkonsumsi peterseli sebaiknya dibatasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda