Scroll to Top

Bantu Atasi Pembajakan, Google Hapus 1,2 Juta Tautan Dari Index Pencarian

By Ditya / Published on Friday, 25 May 2012

Statistik Google

Raksasa mesin pencari akhirnya turun tangan untuk membantu mengurangi pembajakan dengan menghapus 1,2 juta URL (Uniform Resource Locator) atau tautan dari daftar index pencarian.

Hari ini (25/05/2012) Google juga merilis laporan transparansi yang menunjukan siapa yang meminta URL atau tautan tersebut dihapus, pemilik hak cipta dan semua domain yang yang menjadi target penghapusan sejak Juli 2011.

Seperti yang dikutip dari CNET, Google telah merilis laporan transparansi selama 2 tahun terakhir, sebelum hari ini, Google hanya menyediakan informasi yang diminta pemerintah untuk menghapus konten yang mengganggu dari lalu lintas mesin pencari, tidak fokus pada pembajakan atau pelanggaran hak cipta.

Statistik laporan transparansi Google, dari jutaan permintaan penghapusan tautan, Microsoft adalah perusahaan nomor 1 yang mengeluh adanya pembajakan atau pelanggaran hak cipta dan meminta sekitar 2 juta URL atau tautan dihapus dari index pencarian Google.

Dibelakang raksasa perangkat lunak Microsoft terdapat perusahaan NBCUniversal, RIAA, BPI (British Recorded Music Industry) dan Elegant Angel Pornographic Film yang juga melakukan request penghapusan tautan.

Raksasa mesin pencari melakukan penghapusan sekitar 97% dari semua permintaan yang datang antara bulan Juli hingga Desember 2011.

“Sekarang ini bukan hal yang aneh bagi kami untuk menerima lebih dari 250.000 permintaan penghapusan tautan per minggu dalam tahun 2009. Pada bulan lalu saja kami menerima sekitar 1,2 juta permintaan yang dibuat oleh 1000 pemilik hak cipta untuk menhapus tautan dari hasil pencarian,” hata Fred von Lohmann, Senior Hak Cipta Google.

Google juga mencatat bahwa permintaan penghapusan tidak hanya di Google Search atau mesin pencari tapi juga layanan Google yang lain seperti YouTube dan Blogger yang saat ini belum masik statistik laporan transparansi.

Google telah menghapus sekitar 1,2 juta URL atau tautan sesuai dengan permintaan pemiliki hak cipta dan Google akan teru berusaha membantu untuk mengatasi pembajakan dan pelanggaran hak cipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda