Pijat memiliki bermacam jenis. Masing-masing memiliki manfaatnya sendiri. Perbedaan juga bisa dilihat dari cara memijat dan media untuk memijatnya. Inilah beberapa jenis pijatan yang perlu Anda tahu:

pijat-tradisionalPijat Tradisional

Pijatan ini khas Indonesia dengan mengandalkan teknik urut. Pada pijatan, penekanan telapak tangan dan ibu jari ke tubuh lebih kuat. Otot-otot yang tegang akan menjadi rileks, sehingga tubuh menjadi bugar kembali. Kadang beberapa pemijat menggunakan minyak kelapa untuk mempermudah pengurutan.

pijat-refleksiPijat Refleksi
Pijat yang berasal dari China ini, melakukan penekanan kuat pada titik-titik syaraf tertentu. Biasanya, syaraf tangan dan kaki yang dipijat. Media pemijatannya dengan benda khusus yang terbuat dari kayu, plastik, atau karet. Pijat refleksi dipercaya menjadi media penyembuh berbagai penyakit.

pijat-ShiatsuShiatsu
Kalau yang ini jenis pijatan dari Jepang. Hampir sama seperti refleksi, pijatan kuat dilakukan pada bagian titik tertentu di tubuh. Hanya saja, media pemijatnya menggunakan jari atau telapak tangan. Pemijatan ini mirip dengan totok. Shiatsu merupakan teknik memijat yang berasal dari Jepang. Organ tubuh yang mengalami gangguan bisa diterapi dengan pijat ini.

Hot-Stone-MassageHot Stone Massage
Pemijatan ini menggunakan media batu vulkanik yang dipanaskan. Batu panas itu diletakkan pada tubuh sampai rasa hangat pada batu hilang. Kurang lebih memakan waktu 10 menit sampai hangatnya hilang. Pemijat hanya memijat pada bagian tangan dan kaki saja. Batu panas dapat melebarkan pembuluh darah yang memudahkan penghisapan racun-racun dalam tubuh. Tubuh Anda akan rileks setelah itu.

Swedish-MassageSwedish Massage
Teknik pijat ala Swedia ini dengan melakukan penekanan tidak terlalu keras dan cenderung lembut. Media pemijatan dengan memakai telapak tangan yang ditekankan pada otot dan tulang. Pijat ini diperkenalkan oleh Per Henrik Ling pada awal abad ke-19.

Thai MassageThai Massage
Manfaat Thai massage adalah untuk relaksasi. Selain itu, juga dipercaya untuk membangkitkan gairah seksual pasangan. Teknik pijat asal Thailand ini dilakukan gerakan lembut seperti sedang menari. atau pijat Thai menggunakan energi tubuh dan lembut. Manfaatnya adalah untuk relaksasi bahkan mampu membangkitkan gairah terhadap pasangan. Pemijat akan melakukan gerakan yang lembut seperti sedang menari. Pemijat akan menarik badan Anda hingga terdengar bunyi otot Anda, bahkan pemijat juga akan menggunakan kaki untuk menambah kelenturan otot.

French-MassageFrench Massage
French massage atau pijat Perancis berasal dari negeri yang terkenal dengan wanita yang cantik dan langsing yaitu Perancis. Pijatan ini berfungsi menambah kecantikan. Pada proses pemijatan, akan digunakan aromaterapi, scrub, minyak esensial yang akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh dan menambah kebersihan kulit.

Hawaian Massage
Anda akan ditekan dengan keras pada pijatan ini. Pemijat menggunakan siku yang akan ditekan dengan kuat. Cocok bagi Anda yang habis kerja dan mengalami pegal-pegal pada tubuh.