Scroll to Top

Hasil Final Copa Del Rey 2012: Barcelona vs Athletic Bilbao 3-0

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 26 May 2012

Barcelona vs Athletic Bilbao 3-0

Barcelona akhirnya memastikan satu gelar tambahan musim ini: juara Copa del Rey 2012. Berhadapan dengan Athletic Bilbao yang diprediksi akan merepotkan mereka, El Barca tampil trengginas di babak pertama untuk mengunci kemenangan 3-0.

Gerard Pique dikhawatirkan tidak bisa tampil penuh dalam laga ini. Namun, El Barca datang dengan skuad terbaiknya –hanya minus para jenderal lini pertahanan yang cedera—. Kejutan di starting XI malah datang dari Bilbao. Borja Ekiza menempati posisi bek tengah, sementara Ibai Gomez didahulukan alih-alih Ander Herrera. Sebuah hal yang mengindikasikan Marcelo Bielsa benar-benar ingin ‘bunuh-membunuh’ dengan Pep Guardiola.Pedro-Rodriguez

Kenyataan di lapangan, justru sebaliknya. Barcelona sudah memimpin pada menit 2. Memanfaatkan tendangan penjuru yang dilepaskan sang kapten, Gerard Pique menanduk bola ke tengah kotak penalti. Javi Martinez gagal mengontrol bola dengan bersih, dan Pedro Rodriguez datang memberi hukuman terlalu awal untuk Bilbao.

Pesta El Barca sempat tertahan selama 17 menit sebelum Lionel Messi mencetak gol ke-73-nya musim ini. Andres Iniesta membaca pergerakan Lionel Messi, mengirimkan umpan terobosan kepada sang mesiah. Dengan satu sentuhan, bola sempat bergulir ke posisi yang tidak menguntungkan. Namun, dengan sedikit terjauh, King Leo masih mampu menembakkannya ke sudut dekat gawang Gorka Iraizoz. 2-0 dan hubungan istimewa Messi dengan Vicente Calderon terus berlanjut.

1 Barcelona vs Athletic Bilbao 3-0

Penderitaan Athletic berlanjut lima menit berselang. Menerima sodoran Xavi Hernandez yang berputar balik di dekat kotak penalti, Pedro Rodriguez sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor pada menit 24. Tembakannya dari luar kotak penalti menghunjam ke sudut jauh gawang Gorka Iraizoz.

Marcelo Bielsa ingin mengubah keadaan di babak kedua. Markel Susaeta ditarik untuk Ander Herrera, sementara Oscar de Marcos diganti Inigo Perez. Bilbao memang sempat mengancam melalui Ibai Gomez di menit 51. Namun, dini hari ini tetap saja menjadi dini hari terberat bagi sang pelatih Argentina.

3 Barcelona vs Athletic Bilbao 3-0

Athletic terus berjuang demi raihan Copa del Rey pertama sejak 1984. Namun, margin gol yang diciptakan Barcelona di babak pertama, sudah membuat 45 menit kedua sebagai pelengkap semata; apa pun usaha keras pasukan Basque.

Sampai menit 73, Bilbao belum mencetak gol dan Llorente ditarik demi memasukkan nama Gaizka Toquero. Sebaliknya, Pep tampak ingin menyudahi laga dengan sedikit bertahan ketika Seydou Keita dan Thiago Alcantara masuk mencopot dua penyerang sayap Barcelona.

Hingga ujung laga skor 3-0 tetap bertahan. Athletic Bilbao, yang datang ke dua partai final musim ini, terkulai layu. Sebaliknya, Barcelona membuktikan diri sebagai raja Copa del Rey dengan menyabet gelar ke-26 mereka. Gelar ke-14 El Barca era Pep Guardiola, dan sorak sorai di langit kota Madrid menghiasi kepergian sang pelatih terbaik Barcelona sepanjang masa.

2 Barcelona vs Athletic Bilbao 3-0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda