Scroll to Top

Markel Susaeta, Pemain Yang Tampil di Seluruh Laga Athletic Bilbao Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 26 May 2012

Markel Susaeta 2

Tampilnya Markel Susaeta di partai final Athletic Bilbao vs Barcelona mencatatkan sejarah tersendiri bagi sang pemain sayap. Susaeta  berlaga dalam seluruh pertandingan Athletic musim ini, alias tampil 63 kali.

Pemain sayap kelahiran 14 Desember 1987, memang jebolan langsung dari akademi junior Athletic Bilbao. Sempat melatih diri di Baskonia (Tercera Division, 2005-06) dan Bilbao Athletic (Segunda Division B, 2006-07), Susaeta mendapat kesempatan tampil sebagai salah satu jagoan rakyat Basque sejak musim 2007-08. Di usia yang belum genap 21 tahun, Susaeta sudah tampil 29 kali pada musim itu untuk Athletic.

Lima tahun berlalu, Susaeta terus tampil reguler bersama Bilbao. Musim ini, dari 38 pertandingan di La Liga, ia tampil 34 kali sebagai starter, dan 4 sisanya datang dari bangku cadangan.

Di Europa League, dalam 16 pertandingan, hanya 2 kali Susaeta datang dari bangku cadangan. Yaitu, dalam laga play-off menghadapi Trabzonspor yang berakhir 0-0 dan ketika Athletic berangkat ke Paris untuk ditundukkan PSG 4-2.

Markel Susaeta

Di Copa del Rey sendiri, Susaeta selalu tampil sebagai starter, meski kadang tampil tak penuh. Seperti, dalam laga final dini hari ini, ketika posisinya digantikan oleh Ander Herrera pada babak kedua.

Total, 13 gol dan 12 assist dilepaskan Susaeta dalam 63 pertandingan. Satu-satunya pemain Athletic Bilbao yang mendekatinya hanyalah sang kiper utama, Gorka Iraizoz. Kiper berusia kepala tiga ini tampil dalam 61 laga pasukan San Mames.

Sayangnya, kehadiran Markel Susaeta sebagai salah satu pemain kunci, tak cukup membantu Bilbao untuk meraih gelar juara untuk pertama kalinya dalam 28 tahun terakhir. Para prajurit Basque ditikam Barcelona tiga gol tanpa balas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda