Scroll to Top

Pep Guardiola 14 Gelar dalam 4 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 26 May 2012

Lionel Messi Pep Guardiola

Dengan keberhasilan Barcelona menaklukkan Athletic Bilbao 3-0 di final Copa del Rey 2012, Pep Guardiola berhasil mendapatkan 14 gelar dalam 4 tahun masa kepelatihannya di Barcelona.

Perjalanan Barcelona bersama Pep Guardiola bagaikan mimpi. Meskipun terbiasa memenangi gelar demi gelar sepanjang lebih dari 100 tahun, belum ada pelatih El Barca yang memperoleh gelar sebanyak Pep.

Frank Rijkaard, yang disebut sebagai peletak dasar skuad Barcelona yang disepuh Pep Guardiola, atau Johan Cruyff, yang menjadi legenda Barcelona baik sebagai pemain atau pelatih,  tak mampu menembus pencapaian Pep Guardiola.

Barcelona

Johan Cruyff adalah pelatih pertama dalam sejarah yang mampu mempersembahkan gelar Liga Champions bagi Barcelona pada 1992. Sepanjang delapan tahun masa kekuasaannya di Camp Nou, Cruyff senantiasa membawa Barcelona yang kala itu disebut tim impian, tampil kompetitif dari musim ke musim. Satu-satunya yang membuat sang legenda Belanda unggul dari Pep adalah jumlah gelar La Liga yang mencapai angka empat; sedangkan Pep hanya tiga.

Frank Rijkaard, adalah penemu Lionel Messi dan Andres Iniesta. Di tangannya pula Xavi Hernandez semakin matang sebagai jenderal lapangan tengah. Barcelona era Rijkaard pun senantiasa tampil menyerang. 2 gelar La Liga membuktikan kapasitas mantan pemain AC Milan ini.

Namun kini, Pep Guardiola meninggalkan Barcelona dengan standard yang terlalu tinggi untuk diikuti siapa pun. 14 gelar dalam 4 tahun. Tak pernah, satu musim pun Pep tak bisa mempersembahkan gelar untuk El Barca.

Pep Guardiola 2

Tahun 2009, tahun pertamanya menjadi pemimpin pasukan Catalan, bahkan Pep mampu membawa Blaugrana meraih enam gelar dari enam kompetisi yang diikuti. Sesuatu yang nyaris disamai pada tahun 2011 lalu. Sayang, di final Copa del Rey tahun lalu, Barcelona takluk 0-1 oleh Real Madrid.

Musim ini, Pep Guardiola boleh kalah dari Jose Mourinho di Liga Spanyol. Pep pun ditaklukkan oleh Roberto Di Matteo di semifinal Liga Champions. Namun, kemenangan 3-0 atas Athletic Bilbao mengobaati semua kekecewaan fans.

13 Mei 2009, para pendukung Barcelona melonjak kegirangan ketika klub mereka mampu menekuk Athletic Bilbao 4-1 di final Copa del Rey; gelar pertama El Barca bersama Pep.

Kini, empat tahun berlalu, tidak ada yang tak menitikkan air mata ketika Barcelona menutup masa bersama sang pelatih, dengan gelar yang sama pula, Copa del Rey, menghadapi lawan yang sama pula, Athletic Bilbao. Akhir era Pep Guardiola, bagaikan awal mula masa Barcelona menguasai dunia.

Pep Guardiola

Gelar Pep Guardiola bersama Barcelona

  • 2009    Liga Spanyol, Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub
  • 2010    Liga Spanyol, Piala Super Spanyol
  • 2011    Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub
  • 2012    Copa del Rey

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda