Scroll to Top

Lahir Cesar, Anak Punya Potensi Alami Obesitas

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 26 May 2012

bayi tidur

Melahirkan dengan jalan bedah cesar mungkin terlihat lebih mudah dibandingkan seorang ibu harus mengejan dan melahirkan lewat saluran vagina. Namun, cesar juga bisa menyisakan masalah di kemudian hari terkait bekas luka.

Hanya saja, menurut penelitian terbaru, masalah juga bisa mengenai anak yang lahir dengan cesar. Studi dari Rumah Sakit Anak Boston di Massachusetts menyatakan, anak-anak tersebut memiliki risiko obesitas saat usianya menginjak tiga tahun.

Studi mendapati, bakteri yang ada di perut  anak lahir cesar terpengaruh dengan bedah ini. Akhirnya, berpengaruh pula dalam proses pencernaan. Penelitian itu menguji berat badan anak yang lahir cesar saat lahir dan menginjak usia tiga tahun. Hasilnya, anak-anak ini banyak yang mengalami obesitas.

Data penelitian diambil dari 1.255 pasangan ibu dan anak dari tahun 1992 hingga 2002. Saat “tren” cesar berkembang, satu dari empat kelahiran adalah dengan bedah cesar. Sisanya, para ibu mengalami lahir normal.

Dikutip BBC, memang ada kaitan antara berat tubuh, tebal kulit, dan cara kelahiran anak. Salah satu pengaruhnya adalah perbedaan komposisi bakteri dalam pencernaan antara anak yang lahir cesar dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda