Scroll to Top

Ilmuwan Kembangkan Game Untuk Bantu Dokter Kenali Gejala Kecanduan Obat

By Ditya / Published on Saturday, 26 May 2012

Drug

Rumah sakit Northwestern Memorial sedang melatih para dokter untuk mengenali gejala kecanduan obat menggunakan metode baru, memanfaatkan video game.

Sebuah video game telah dirancang berdasarkan penelitian Dr. Michael M. Fleming yang memanfaatkan teknologi yang sama dengan yang digunakan untuk melatih agen-agen FBI dalm taktik interogasi.

Taktik yang digunakan pada metode ini melalui kombinasi pengungkapan diri (riwayat penyalahgunaan obat oleh keluarganya, misal) dan isyarat non-verbal (gelisah, gugup, dll).

Seperti yang dikutip dari BBC, pada pengujian tahap akhir, permainan menggunakan suara aktor untuk mensimulasikan percakapan hipotesis dengan pasien.

Program ini menghasilkan tanggapan berdasarkan pertanyaan dokter dan dokter harus mengidentifikasi indikator kecanduan atau mungkin penyalahgunaan obat terlarang berdasarkan simulasi yang muncul di video game.

Video game berbasis web interaktif ini ditujukan untuk dokter keluarga atau dokter umum yang sering merasa tidak siap dengan analisa kecanduan obat-obatan terlarang.

Perangkat lunak berupa video game ini dikembangkan oleh Dale E. Olsen, mantan profesor teknik di Universitas Johns Hopkins. Dia juga merupakan pendiri sekaligus presiden direktur di Simmersion, sebuah perusahaan yang telah menciptakan permainan simulasi.

Pengembangan video game simulasi ini dibiayai hibah senilai $ 1 juta dari Small Bussines Administration and National Institute on Drug Abuse.

Video game simulasi ini akan segera diunggah secara online dan tersedia gratis untuk sekolah kedokteran dan penyedia layanan kesehatan.

Bukan hanya pasien saja yang kan mendapatkan teknologi baru dan perawatan dari dokter mereka namun juga membantu dokter untuk lebih berinteraksi dengan pasien mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda