Scroll to Top

Facebook Akan Akuisisi Opera?

By Ditya / Published on Saturday, 26 May 2012

Opera

Setelah mengakuisisi Instagram, Glancee dan Lightbox, kini raksasa jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini dikabarkan akan mengakuisisi Opera Software.

Kabar ini berasal dari Pocket Lint yang mengatakan bahwa Facebook ingin mengakuisisi Opera dan memulai proyek untuk membuat web browser sendiri.

Opera Software sendiri merupakan perusahaan perangkat lunak asal Norwegia yang terkenal dengan jajaran perangkat lunak peramban web atau browser.

Opera Software memiliki jajaran browser untuk berbagai platform seperti Opera browser untuk desktop, Opera Mobile untuk smartphone dan Opera Mini untuk ponsel Java.

Browser Opera sendiri memang tidak sepopuler Google Chrome atau Mozilla Firefox, namun Opera bukanlah pemain baru di pasar perangkat lunak peramban web.

Performa peramban web Opera memiliki track record yang cukup baik, browser ini selalu menjadi pionir dalam memberikan fitur-fitur yang inovatif seperti Opera Unite dan Turbo Mode.

Jika memang Facebook berminat untuk membuat web browser sendiri dengan mengakuisisi Opera, maka hal ini akan menyeret Facebook ke medan perang browser dan bertarung dengan Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, Microsoft Internet Explorer dan terakhir Yahoo Axis.

Langkah Facebook untuk mengakuisisi Opera ini cukup masuk akal, karena lebih dari 270 juta orang menggunakan browser Opera setiap bulan.

Seperti yang dikutip dari TheNextWeb, Opera Mini juga merupakan peramban web mobile yang cukup terkenal dengan 168 juta pengguna hingga bulan Maret 2012.

Sampai saat ini baik Opera maupun Facebook menolak memberikan keterangan resmi terkait kabar akuisisi Opera oleh Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda