Scroll to Top

Virtus, Teknologi Nirkabel 1000 Kali Lebih Cepat Dibanding Bluetooth

By Ditya / Published on Saturday, 26 May 2012

Virtus

Teknologi memang terus berkembang dengan cepat, tak terkecuali dengan teknologi wireless atau nirkabel yang juga terus dikembangkan untuk meningkatkan kecepatannya.

Sebuah tim peneliti internasional dikabarkan telah merancang teknologi wireless atau nirkabel kecepatan tinggi dan dipekirakan 1.000 kali lipat lebih cepat dibanding teknologi nirkabel populer saat ini, Bluetooth.

Masih segar di ingatan kita teknologi wireless infrared yang telah ditinggalkan, dan Bluetooth yang sampai saat ini masih sangat populer dan terus meningkat versinya.

Menurut laporan dari Hexus, sebuah chipset yang mengusung nama Virtus yang dikembangkan oleh tim peneliti mampu menghasilkan kecepatan transfer mengalahkan infrared dan Bluetooth.

Chipset Virtus ini diklaim mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 2 Gigabit per detik dengan penggunaan daya yang sangat rendah, Dengan kecepatan seperti ini, DVD berukuran 8GB mampu ditransfer dalam waktu 30 detik saja, fantastis!

Teknologi dengan kemampuan seperti ini cocok untuk menggantikan Bluetooth untuk perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

“Permintaan untuk konektivitas nirkabel dengan kecepatan ultra tinggi telah memicu kebutuhan untuk kecepatan transfer data yang lebih cepat. Teknologi saat ini masih belum mampu memenuhi tuntutan ketat.”

“Tim NTU-I2R telah berhasil menunjukan chipset terintegrasi dengan menggunakan frekuensi 60GHz untuk transmisi nirkabel dan menghasilkan kecepatan Gigabit,” kata Profesor Yeo Seng Kiat dari Nanyang Tecnological University (NTU), Singapura.

Chipset Virtus sendiri dapat digambarkan sebagai microchip yang mentransmisikan data dalam paket besar melalui gelombang. Chipset ini berjalan pada frekuensi 60GHz dan terdiri dari 3 komponen penting yaitu antena, transceiver dan prosesor baseband.

Seperti yang dikutip dari TGDaily, kehadiran teknologi Virtus ini akan memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam komputasi mobile, video streaming definisi tinggi atau game multi user.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda