Scroll to Top

Yang Anda Perlu Tahu Tentang F-Commerce (Berjualan Melalui Facebook)

By Aisyah Indarsari / Published on Monday, 18 Jul 2011

facebook-commerceMungkin Anda sudah familier dengan istilah e-Commerce, yaitu kegiatan jual beli secara elektronik, dalam hal ini melalui internet. Akan tetapi sudah kenalkah Anda dengan istilah baru ini, F-Commerce?

Jika berhubungan dengan media sosial, mungkin Anda sudah bisa menebak-nebak apa F-Commerce itu. Ya, Facebook Commerce. Istilah ini digaungkan oleh Zuckerberg, sebagai pendiri situs media sosial dengan pengguna terbesar saat ini.

Tidak salah lagi, ada era baru dalam dunia perdagangan yang memanfaatkan media sosial sebagai perantaranya. Mirip seperti online shopping, seperti yang kita kenal pada e-Commerce, akan tetapi kali ini media sosial atau lebih khususnya Facebook sebagai tempatnya. Pasti sudah bukan barang baru lagi untuk Anda bukan?

Cek wall Anda akhir-akhir ini, bagi sebagian besar pengguna Saya yakin isinya lebih dari 50% promo produk saja. Fasilitas yang mudah, murah dan masal ini dengan sangat cerdiknya dimanfaatkan oleh para entrepreneur di Indonesia, bukan hanya di luar negeri saja.  Dan perdagangan dengan media ini memang berpengaruh besar terhadap pendapatan pelaku bisnisnya.

Seperti data statistik yang dilaporkan oleh Social Media Influence baru-baru ini yang dikutip dari socialtimes.com, ada beberapa fakta menarik yang bisa kita ketahui, antara lain:

  • Toko Facebook Lady Gaga merupakan toko online yang paling disukai di Facebook. Sebanyak 40.485.186 “jempol” telah diberikan untuk akun ini. Toko ini menjual barang-barang dagangan mulai dari CD hingga USB bermotif animasi.
  • 67% pembeli menghabiskan waktunya untuk online lebih lama setelah mendapatkan referensi produk dari teman online mereka.
  • 56% pengguna Facebook meng-klik link yang mengarahkan mereka ke akun penjual setelah mereka melihat iklannya di posting Facebook.

Apakah Anda termasuk yang 56% itu? Menyenangkan bukan bisa melakukan window shopping hanya di depan komputer saja, tanpa harus keluar rumah. Beberapa kemudahan inilah salah satu hal yang membuat banyak calon pembeli potensial ikut meramaikan f-Commerce ini.

Peluang yang menjanjikan untuk sebuah usaha, bukan? Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk ikut-ikutan berbisnis via Facebook, informasi ini bisa membantu Anda untuk menjalankan impian Anda. Seperti kata Zuckerberg, “Jika aku harus menebak, perdagangan via media sosial (social commerce) yang akan meledak !”. Anda percaya? Silahkan mencoba!

One thought on “Yang Anda Perlu Tahu Tentang F-Commerce (Berjualan Melalui Facebook)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda