Scroll to Top

Hasil Pertandingan Persahabatan: Belanda vs Bulgaria 1-2

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 27 May 2012

Belanda vs Bulgaria 1-2

Belanda menderita kekalahan dalam duel pemanasan jelang Euro 2012. Menghadapi Bulgaria, Robin Van Persie dkk. kalah 1-2 meski sudah unggul 1-0 terlebih dahulu.

Seluruh tim yang akan menghuni Grup B Euro 2012 seperti berada dalam neraka dalam partai persahabatan. Portugal ditahan Makedonia 0-0, Denmark disikat Brazil 1-3, Jerman dibekap Swiss dengan skor 5-3, dan terakhir Belanda juga ditumbangkan tim tamu Bulgaria 1-2.

Tim Oranje turun dengan para pemain terbaiknya. Di depan, Robin Van Persie dan Klaas-Jan Huntelaar dipasang. Wesley Sneijder yang tidak dibawa serta dalam tur Internazionale ke Indonesia, juga demikian. Sebuah jaminan negara ini akan memenangi laga menghadapi Bulgaria yang terseok di babak kualifikasi Euro 2012.

Tanda-tanda ketidakberuntungan tuan rumah dimulai ketika Joris Mathijsen, salah satu pahlawan Malaga di Liga Spanyol, ditarik pada menit 17. Penggantinya adalah Wilfried Bouma.

Meskipun tampil dengan para pemain top dunia, Belanda harus menunggu cukup lama untuk benar-benar mengancam gawang kiper Bulgaria, Stoyan Kolev. Hampir 40 menit berlalu, barulah tembakan Sneijder menghangatkan pertandingan.

Menjelang turun minum, Robin Van Persie memecah kebuntuan. Umpan terobosan lambung Sneijder, mengecoh para bek Bulgaria. Van Persie yang tak terkawal, mudah saja menaklukkan Kolev dengan tendangan khasnya ke sudut gawang.

Menutup babak pertama dengan keunggulan, Belanda terjebak di menit 50. Rafael Van Der Vaart melakukan hand ball di kotak terlarang. Tak ada pilihan lagi bagi wasit Fernando Teixeira Vitienes selain menunjuk titik putih. Ivelin Popov dengan tenang mengeksekusi penalti sementara Tim Krul bergerak ke arah yang salah.

Belanda vs Bulgaria 1-2 (1)

Tak ingin ditahan di depan pendukung sendiri, Bert Van Maarwijk melepaskan para jagoan lain seperti Dirk Kuyt dan Arjen Robben demi menambah daya gedor. Namun, upaya tim Oranje mentok dan justru Bulgaria yang berhasil mencuri kemenangan di menit terakhir.

Stanislav Manolev memotong umpan teledor John Heitinga. Menyisir sisi kiri pertahanan lawan, dilepaskannya umpan silang ke tengah kotak penalti. Datanglah Ilijan Micanski yang menanduk bola dengan sempurna. Skor akhir 1-2 dan ini bukanlah kampanye yang baik untuk finalis Piala Dunia 2010.

Belanda masih menyisakan dua laga lagi melawan Slowakia dan Irlandia Utara, sebelum berangkat untuk bunuh-membunuh dengan Denmark pada 9 Juni mendatang di partai pertama tim Oranje di Euro 2012.

http://www.youtube.com/watch?v=vtgjAquV4B0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda