Scroll to Top

Cara Mudah Cegah Kanker Prostat

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 27 May 2012

jalan sehat

Pria adalah sosok yang cukup rentan terkena kanker prostat. Penyakit ini seringkali datangnya tidak diduga dan tidak menimbulkan gejala berarti, hingga kanker sudah berada di stadium lanjut. Oleh karena itu, pencegahan kanker prostat juga harus sudah dilakukan dalam jangka panjang. Seperti disitat laman Askmen, ada beberapa cara untuk mencegah penyakit ini.

  • Berolahraga rutin. Olahraga membuat sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan sirkulasi darah membaik. Baiknya kekebalan tubuh dapat menjadi jalan untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, pilihlah olahraga kesukaan Anda agar tubuh tidak mudah sakit. Baik pula kalau Anda mau rutin jalan cepat. Menurut penelitian dari University of California, jalan cepat bisa mengatasi masalah kanker prostat pada pria.
  • Makan serat alami dan minum susu kedelai. Kedua makanan ini memiliki nutrisi yang baik  untuk menjaga kesehatan prostat. Disarankan, serat alami yang dikonsumsi berasal dari rami.Konsentrasi seratnya cukup tinggi dan baik. Sementara itu, daripada minum susu sapi yang mungkin kaya lemak, lebih baik konsumsi susu kedelai yang juga menyehatkan.
  • Melakukan masturbasi. Kegiatan seksual mandiri ini, menurut studi di tahun 2004, efektif melindungi prostat dari tumbuhnya sel kanker. Zat karsinogen yang ada di organ kemaluan pria bisa terbawa keluar saat terjadi ejakulasi. Rongga penis akhirnya bersih.  Dengan melakukan masturbasi tiga kali  dalam seminggu, bisa mengurangi risiko kanker prostat sebesar 15 persen.
  • Makan tomat. Buah ini mengandung antioksidan lycopen. Zat tersebut punya peran penting dalam menekan kanker prostat pada pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda